Kanwil Kemenkumham Sumsel perpanjang pendaftaran untuk CPNS

id Kanwil Kemenkumham, kemenkumham sumsel, pendaftaran cpns, cpns, perpanjang pendaftaran cpns, CPNS formasi sma

Kanwil Kemenkumham Sumsel perpanjang pendaftaran untuk CPNS

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel Rahmi Widhiyanti (kiri) pada suatu acara di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan memperpanjang pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi SMA dan sederajat.

"Berdasarkan Keputusan Badan Kepegawaian Negara yang tetuang pada surat No. 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024 tanggal 5 September 2024, jadwal pendaftaran yang semula ditutup pada 6 September diperpanjang hingga 10 September 2024," kata Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel Rahmi Widhiyanti di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan dalam penerimaan CPNS tahun ini, dibuka formasi SMA untuk jabatan penjaga tahanan laki-laki dan perempuan, serta pemeriksa keimigrasian pemula lak-laki dan perempuan.

Bagi lulusan SMA yang ingin mengisi formasi tersebut, disilakan memanfaatkan masa pendaftaran seleksi penerimaan CPNS yang tinggal beberapa hari lagi.

Untuk menyesuaikan jadwal perpanjangan tersebut, tim verifikatur terus merampungkan proses verifikasi terhadap berkas pelamar formasi SMA yang masuk Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel.

Dia mengatakan berdasarkan data sementara, hingga saat ini terdapat 8.000 lebih pelamar formasi SMA.

“Jika dilihat statistik per wilayah, Kanwil Sumsel berada pada peringkat ke-7 Kantor Wilayah Kemenkumham dengan pendaftar terbanyak,” ujarnya.

Berdasarkan data verifikatur, masih banyak pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) lantaran kesalahan pada dokumen yang diunggah.

"Untuk menghindari masalah TMS itu, pelamar di masa perpanjangan ini diingatkan untuk memperhatikan seluruh dokumen persyaratan yang diunggah, sehingga memenuhi syarat dan lolos tahapan seleksi administrasi," kata dia.