Kemenkumham Sumsel sidak Rutan Baturaja cek kesiagaan petugas

id Kakanwil Kemenkumham, kemenkumham sumsel, sidak, sidak rutan, rutan baturaja, cek kesiagaan petugas, petugas rutan, lapa

Kemenkumham Sumsel sidak Rutan Baturaja cek kesiagaan petugas

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya sidak Rutan Baturaja cek kesiapsiagaan petugas. (ANTARA/HO/Kemenkumham SS/24)

Palembang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan Ilham Djaya melalukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), untuk mengecek kesiapsiagaan petugas.

"Hari ini saya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten OKU dan melakukan sidak ke Rutan Baturaja untuk memastikan petugas selalu siap siaga dan proses pelayanan narapidana serta tahanan berjalan dengan baik dan aman," kata Kakanwil Ilham Djaya, di Baturaja, Kamis.

Dia menjelaskan kunjungan dan sidak tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya pengawasan dalam memastikan keamanan serta kelancaran pelaksanaan layanan di Rutan Baturaja.

Dalam kegiatan tersebut, Kakanwil Ilham Djaya memberikan pengarahan kepada petugas di Rutan Kelas II B Baturaja untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan di lingkungan rutan tersebut.

Kemudian menjelaskan pentingnya menjaga ketertiban dan disiplin dalam menjalankan tugas sebagai petugas di satuan kerja atau unit pelaksana teknis pemasyarakatan.

"Saya ingatkan petugas tetap waspada dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada warga binaan maupun masyarakat. Pastikan seluruh barang bawaan diperiksa dan digeledah untuk mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang ke dalam rutan," ujar Kakanwil Ilham.

Sementara Kepala Rutan Baturaja Abdul Hamid menyambut baik segala arahan Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya.

Berdasarkan data pada September 2024 ini, jumlah penghuni Rutan Baturaja mencapai 476 orang dengan rincian 380 orang narapidana dan 96 orang tahanan.

"Kami berterima kasih kepada pimpinan yang menyempatkan diri berkunjung ke rutan dan memberikan motivasi kerja. Kunjungan ini menambah semangat petugas untuk bekerja lebih baik dan memastikan segala aktivitas di rutan dapat berjalan dengan lancar dan kondusif," ujar Karutan Baturaja.*