Afitni Junaidi Gumay jadi Ketua DPRD Muba sementara

id Sumsel, dpr sekayu, muba

Afitni Junaidi Gumay jadi Ketua DPRD Muba sementara

Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Kelas IB Silvi Ariani SH sedang melakukan pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Muba 2024-2029. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Sekayu, Muba (ANTARA) - Afitni Junaidi Gumay menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Muba dan Irwin Zulyani sebagai wakilnya usai diambil sumpah dan janjinya sebagai anggota DPRD Kabupaten Muba 2024-2029.
 
Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi menghadiri rapat paripurna masa persidangan I rapat ke-23 Tahun 2024 dalam rangka pengucapan sumpah/Janji
Anggota DPRD Kabupaten Musi Banyuasin
Masa Jabatan 2024 - 2029 itu.

Pengambilan sumpah dan janji dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Kelas IB Silvi Ariani.

Membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota DPRD Kabupaten Muba yang telah dilantik.

"Pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Muba merupakan puncak rangkaian proses pelaksanaan Pemilu anggota DPRD tahun 2024 sebagai sarana demokrasi yang dimaksud untuk melaksanakan kedaulatan rakyat, dalam tatanan Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Ia juga menyampaikan, sesuai UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah meletakkan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang bermitra sejajar dengan kepala daerah.

Di samping itu, lanjutnya perlu kami ingatkan pula bahwa dalam menjalankan tugas saudara diawasi oleh penegak hukum serta lembaga pengawas seperti KPK, BPK, BPKP dan sebagainya.

"Oleh sebab itu, sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dengan Kepala Daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan di tingkat lokal, membangun kerjasama yang efektif di tingkat regional, serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional terutama pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 yang merupakan waktu tepat sebagai momentum menyinkronkan rencana kerja pemerintah pusat dan daerah,"terangnya.

Kemudian, Anggota DPRD Kabupaten Muba yang baru dilantik, lanjutnya juga diharapkan ikut mengawal Pilkada Serentak tahun 2024. Baik pengawasan dalam masa persiapan tahapan, hingga pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada tahun 2024, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Saya ucapkan selamat bekerja kepada para anggota DPRD masa jabatan tahun 2024-2029 yang baru saja dilantik. Pemerintah berharap dengan memikul amanah dan beban yang berat ini anggota DPRD dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sampai purna tugas nanti," katanya.

Kemudian Pj Bulati menyampaikan ucapan terima kasih penghargaan setinggi - tingginya kepada para anggota DPRD Muba masa jabatan 2019-2024 atas pengabdian dan jasa-jasa kepada bangsa dan negara.