Kemenko Marves: Transisi energi juga untuk amankan energi terjangkau

id ISF 2024,Kemenko Marves,transisi energi,berita palembang, berita sumsel

Kemenko Marves: Transisi energi juga untuk amankan energi terjangkau

Director of the General Environmental Management Division at Beijing Municipal Ecology and Environment Bureau Liang Wenyue (tengah) bersama Director Global Energy Transition Bloomberg Philanthropies Rui Luo (kanan), Director of the Climate Change division at UNEP Deschen Tsering (kedua kanan). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/Spt

Jakarta (ANTARA) - Deputi Koordinator Bidang Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rachmat Kaimuddin menekankan bahwa transisi energi bukan sekadar peluang untuk mengurangi perubahan iklim, namun juga untuk mengamankan energi terjangkau sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi tanpa mengorbankan salah satunya.

“Setiap orang dan segala hal harus beradaptasi dengan kebijakan, struktur pembiayaan, praktek industri, dan perilaku konsumen semuanya perlu berkembang," kata Rachmat dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Tantangan itu melampaui politik, di mana perlu bekerja dengan masyarakat untuk menyebarkan pemahaman dan mendorong tindakan kolektif. Meskipun masing-masing mungkin memiliki titik awal berbeda dan menghadapi tantangan yang unik, tambahnya.

Namun demikian, katanya, semua orang dapat berbagi kesempatan untuk berkontribusi pada gerakan keberlanjutan global.

"Berkali-kali saya merasakan semangat kolaborasi terbuka, dan saya tetap berharap, bahkan optimistis bahwa bersama-sama kita dapat membangun dunia yang berkelanjutan," ucapnya.