Pemkab Muba optimalkan penyelesaian pengadaan tanah untuk jalan tol Betung-Jambi

id Pemkab Musi Banyuasin, muba, bantu pengadaan tanah, pengadaan, pembangunan tol, jalan tol, bpn

Pemkab Muba optimalkan penyelesaian  pengadaan tanah untuk jalan tol Betung-Jambi

Pj Bupati Muba Apriyadi (kanan) dalam suatu acara. ANTARA/HO/24

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan membantu pengadaan tanah untuk pembangunan tol yang melewati wilayah kabupaten itu ke arah Jambi.

"Kami berupaya melakukan percepatan penyelesaian pengadaan tanah dan percepatan pembangunan jalan tol Betung (Sp Sekayu) - Tempino - Jambi," kata Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud seusai melakukan pertemuan dengan Kepala BPN Sumsel Asnawati di Palembang, Rabu.

Menurut dia, untuk mempercepat pengadaan tanah jalan tol dalam wilayah Kabupaten Muba pihaknya jemput bola ke Kanwil BPN Sumsel.

"Hari ini saya melakukan jemput bola menemui Kepala Kantor Wilayah BPN Sumsel agar upaya percepatan penyelesaian pengadaan tanah dan percepatan pembangunan jalan tol Betung - Tempino - Jambi berjalan lancar," ujarnya.

Dia menjelaskan, Pemkab Muba terus berusaha dan berupaya agar proses pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol di wilayah kabupaten ini berjalan lancar.

"Apapun permasalahan yang dapat menghambat pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol trans Sumatera di daerah ini akan kami fasilitasi dan turut mencari solusinya," jelasnya.

Pemkab Muba sangat mendorong dan mendukung percepatan realisasi pengadaan tanah jalan tol sehingga tidak ada hambatan dalam pelaksanaan pembangunan di lapangan.

"Jadi prinsipnya Pemkab Muba siap 'all out' memfasilitasi untuk menuntaskan kendala-kendala di lapangan dan berharap pada Juni 2024 bisa dilakukan peresmian oleh Presiden Joko Widodo," kata Pj Bupati Apriyadi.

Sementara Kakanwil BPN Sumsel Asnawati mengatakan pihaknya siap bersinergi menginventarisasi untuk menyelesaikan proses pengadaan lahan jalan tol di wilayah Muba.

"Prinsipnya kami siap, dan akan selalu bersinergi dengan Pemkab Muba dan PPK Jalan Tol," jelasnya.

Sementara PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Teddy Irawan mengatakan dari hasil temuan di lapangan permasalahan yang dihadapi di antaranya redis/prona yang belum diterima masyarakat.

"Sudah ditandai beberapa permasalahan yang harus diselesaikan dengan segara agar progres ini terus berlanjut dan tuntas sesuai dengan yang diharapkan bersama," ujar Teddy.