Karnet kapal cepat ditemukan mengambang di Sungai Musi

id Kantor SAR Palembang,Sungai Musi,Tenggelam di Sungai Musi

Karnet kapal cepat ditemukan mengambang di Sungai Musi

Kantor SAR Palembang, Sumatera Selatan menemukan kernet Speedboat yang hilang di wilayah perairan sungai Musi, kawasan Mariana, Banyuasin.  (ANTARA/ HO- Kantor SAR Palembang)

Palembang (ANTARA) -
Kantor SAR Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), menemukan kernet speedboat atau kapal cepat yang hilang di wilayah perairan Sungai Musi, kawasan Mariana, Banyuasin.
 
"Jamakani alias Zamani bin Ansori yang merupakan kernet speedboat yang hilang di wilayah perairan Sungai Musi, Kawasan Mariana, Banyuasin, Senin (8/7) malam, sudah kami temukan hari ini," kata Kepala Kantor SAR Palembang Raymond Konstain di Palembang, Selasa.
 
Ia menyebutkan korban ditemukan mengapung di pinggir Sungai Musi dalam keadaan meninggal dunia, tepatnya di bawah Jembatan Musi 6 atau sekitar radius 7,49 NM dari lokasi awal korban dilaporkan hilang.
 
Kejadian berawal pada Sabtu, sekitar pukul 15.30 WIB kapal cepat 400 Pk dengan nama Semoga Jaya yang dinakhodai oleh Ansori berangkat dari Dermaga Tugu Belido BKB Palembang tujuan PT OKI Pulp Sei Baung dengan membawa 20  penumpang dan satu kernet atas nama Zamani bin Ansori.
 
Setelah sekitar 30 menit perjalanan atau sekitar pukul 16.00 WIB, Ansori berlabuh di rumah rakit di daerah Mariana, Kecamatan Banyuasin I, untuk membeli BBM.
 
Usai membeli BBM, Ansori mencari kernetnya, Jamakani alias Zamani, namun setelah dicari di seluruh bagian kapal cepat, Zamani tak kunjung ditemukan dan diduga kuat terjatuh ke sungai saat dalam perjalanan.
 
Kantor SAR Palembang selaku koordinator dalam pelaksanaan Operasi SAR membagi Tim SAR Gabungan menjadi dua Search And Rescue Unit (SRU).
 
SRU pertama melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air menggunakan perahu karet dan perahu masyarakat, sedangkan SRU kedua melakukan pencarian dengan menggunakan kapal RIB serta melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat di sepanjang pesisir Sungai Musi.