Ratusan rumah warga di OKU terendam banjir

id Bencana alam, bencana banjir, rumah kebanjiran, hujan deras, BPBD OKU

Ratusan rumah warga di  OKU terendam banjir

BPBD OKU mengevakuasi korban banjir, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Ratusan rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan terendam banjir akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi pada Jumat (16/2) malam.

Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Gunalfi di Baturaja, Sabtu, mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda tadi malam menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di kabupaten setempat.



Adapun wilayah terdampak banjir meliputi Desa Rantau Kumpai dan Bandar, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, serta Desa Keban Agung dan Tuboan, Kecamatan Semidang Aji.

Kemudian, Desa Karang Endah, Batukuning, Pusar, Tanjung Agung, Sekar Jaya, Baturaja Lama, Pasar Baru, Sukajadi, Baturaja Permai, Sukaraya, Lubuk Batang Baru dan Lubuk Batang Lama juga tak luput dari kepungan banjir.

"Berdasarkan hasil pendataan tercatat sebanyak 536 rumah warga terdampak banjir dan sejumlah ruas jalan lintas pun terdapat genangan air setinggi 30 centimeter hingga 1 meter," katanya.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata dia, namun bencana alam tersebut membuat sebagian besar warga terpaksa dievakuasi mengingat banjir terus meninggi mencapai 1 meter.



Dalam mengevakuasi korban pihaknya mengerahkan puluhan personel dibantu anggota kepolisian untuk mengangkut korban menggunakan perahu karet dan perahu ponton ke dataran tinggi.

Anggota satgas bansor pun melakukan penyedotan genangan banjir di sejumlah titik seperti kawasan Taman Sari, Kelurahan Sukaraya menggunakan mesin pompa air agar banjir segera surut sehingga tidak mengganggu aktifitas masyarakat di wilayah itu.

"Meskipun banjir di sejumlah kawasan saat ini sudah mulai surut, namun personel kami masih di lapangan untuk memantau situasi terkini guna mengantisipasi bencana susulan," ujarnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ratusan rumah warga OKU terendam banjir