PT KAI Tanjungkarang arahkan masyarakat pilih alternatif keberangkatan

id Tiket KA, kereta api, libur natal, tahun baru, PT KAI

PT KAI Tanjungkarang arahkan masyarakat pilih alternatif keberangkatan

Penumpang di Ruang Tunggu keberangkatan Stasiun Kertapati Palembang. (ANTARA/HO-Humas PT KAI Divre III Palembang.)

Baturaja (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Divre IV Tanjungkarang  mengimbau para calon penumpang untuk memilih alternatif jadwal keberangkatan bila tiket pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sudah habis.

"Rute Stasiun Kertapati Palembang - Tanjungkarang untuk tanggal 22-25 Desember, sudah habis dipesan, maka calon penumpang diharapkan memilih alternatif jadwal pemberangkatan di hari lainnya. Atau bisa membeli tiket "Go Show" di stasiun dua jam sebelum pemberangkatan," kata Manager Humas Divre IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari di Baturaja, Kabupaten OKU, Rabu

Namun pembelian go show  sebagai alternatif langkah terakhir memburu tiket kereta api untuk perjalanan libur natal dan tahun baru yang saat ini banyak diincar warga Lampung dan sekitarnya,

Tiket kereta api (KA) pada masa angkutan libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 telah banyak diburu oleh calon penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan transportasi umum tersebut.

Ia menyebutkan, PT KAI telah membuka penjualan tiket untuk masa libur natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

"Tiket tersebut sudah bisa dipesan sejak 6 November 2023 atau H-45 sebelum keberangkatan," katanya.

Dia mengatakan, periode angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah untuk keberangkatan pada 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

Zaki menjelaskan, pada masa angkutan Nataru 2023/2024 di Divisi Regional IV Tanjungkarang terdapat dua KA dengan enam perjalanan reguler yang beroperasi dalam sehari dengan rata-rata kapasitas tempat duduk yang disediakan yaitu sebanyak 2.340 orang.

"Secara keseluruhan KA yang beroperasi selama masa angkutan libur natal dan tahun baru sebanyak 108 KA dengan total 42.120 tempat duduk," jelasnya.

Adapun 42.120 tempat duduk yang disediakan terdiri atas KA Rajabasa sebanyak 19.080 tempat duduk rute Tanjungkarang-Kertapati (PP), KA Kuala Stabas 23.040 tempat duduk dengan rute Tanjungkarang-Baturaja (PP).

Pemesanan tiket pada H-45 periode masa angkutan tersebut hanya berlaku untuk pembelian KA Rajabasa dengan rute Stasiun Tanjungkarang-Kertapati (PP) saja.

Sedangkan, untuk tiket KA Kuala Stabas dengan rute Stasiun Tanjungkarang-Baturaja (PP) baru dapat dipesan H-7 sebelum tanggal keberangkatan.

"Artinya untuk KA Kuala Stabas keberangkatan 21 Desember 2023 di baru dapat dipesan pada tanggal 14 Desember 2023," ujarnya.

Adapun sisa tiket kereta api saat ini terpantau menipis khususnya keberangkatan pada 25 Desember 2023 dengan penjualan sudah mencapai 524 tiket atau terjual 98,87 persen dari jumlah tempat duduk yang disediakan.

Kemudian, keberangkatan pada 2 Januari 2024 dengan angka penjualan sebanyak 476 tiket atau terjual 89,81 persen dari jumlah tempat duduk yang disediakan.

Bahkan, lanjut dia, dari arah keberangkatan Stasiun Kertapati menuju Tanjungkarang tiket sudah habis terjual pada tanggal-tanggal keberangkatan tertentu.

"Per hari ini pukul 13.00 WIB tiket masa angkutan natal dan tahun baru untuk keberangkatan periode 22-26 Desember 2023 sudah habis terjual.