Statistik MotoGP Qatar di Lusail

id Motogp qatar,motogp qatar 2023,motogp 2023,francesco bagnaia,jorge martin,berita sumsel, berita palembang

Statistik MotoGP Qatar di Lusail

Pebalap tim Ducati Francesco Bagnaia melakukan selebrasi setelah memenangi Grand Prix Malaysia, Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022) ANTARA/AFP/Mohd Rasfan/am.

Jakarta (ANTARA) - Setelah balapan penuh kejutan di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, akhir pekan lalu, MotoGP putaran ke-19 siap bergulir ke Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 17-19 November.

Sirkuit Internasional Lusail yang ikonis ini terletak di pinggiran Doha, ibu kota dari negara Qatar. Dibangun dalam waktu kurang dari setahun, sirkuit ini menelan biaya 58 juta dolar AS demi ajang balap perdananya, Grand Prix Marlboro Qatar pada tanggal 2 Oktober 2004.

Sirkuit Lusail memiliki jarak 5,4 kilometer, dikelilingi oleh rumput buatan yang dirancang untuk mencegah pasir dari gurun di sekitarnya berhembus ke sirkuit.

Jalur lurus utamanya memiliki panjang lebih dari 1 kilometer dan terdapat perpaduan yang seimbang antara tikungan kecepatan sedang dan tinggi, termasuk beberapa jalur kiri cepat yang terbukti sangat populer di kalangan pembalap.

Pada tahun 2008, Qatar merayakan Grand Prix malam hari pertama dalam sejarah, menyusul pembangunan penerangan luar ruangan permanen.

Peralihan ke balapan malam hari pun dinyatakan sukses dan tren tersebut terus berlanjut, dengan event Qatar kini ditetapkan sebagai salah satu yang paling spektakuler di kalender MotoGP.