Kodam Sriwijaya-Polda Sumsel bergandengan tangan kawal kamtibmas

id Pangdam Sriwijaya, Polda Sumsel, tni, polri, tni polri terus bersama, kamtibmas, jaga kamtibmas, keamanam, ketertiban

Kodam Sriwijaya-Polda Sumsel bergandengan tangan kawal kamtibmas

Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Kodam II/ Sriwijaya dan Kepolisian Daerah(Polda) Sumatera Selatan(Sumsel) bergandengan tangan menjaga ketertiban, keamanan dan kelancaran(Kamtibmas) Pemilu dan seluruh tahapannya. 

"TNI dan Polri di wilayah Sumsel untuk terus bergandengan tangan menjaga kamtibmas agar pemilu serentak yakni pemilihan Presiden/Wapres dan anggota DPR/DPRD bisa berjalan dengan aman, tertib, dan lancar," kata Panglima Kodam II/ Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil di Palembang, Selasa.

Untuk meningkatkan sinergisitas TNI/Polri di wilayah Sumsel, Kodam II/Sriwijaya dan Polda Sumsel pada pekan pertama November 2023 ini melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) tentang Sinergitas dan Integrasi Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Polda Sumsel dan Kodam ll/Sriwijaya.

Penandatanganan kerja sama antara Polda Sumsel dengan Kodam II/Swj itu merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara Panglima TNI dengan Kapolri di Jakarta pada tanggal 5 Oktober 2023 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI, ujar Mayjen TNI Yanuar Adil.

"Perjanjian kerja sama tersebut saya tandatangani langsung dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo," ujar Pangdam.

Menurut Pangdam, kamtibmas khususnya di wilayah Sumsel sekarang ini dalam kondisi aman dan lancar, kondisi tersebut perlu dijaga bersama sampai kapan pun.

Dengan terpeliharanya kamtibmas dengan baik berbagai aktivitas masyarakat, program pembangunan, dan seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan sesuai harapan bersama, katanya.

Sementara Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo menambahkan penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut merupakan suatu momentum penting guna meningkatkan sinergisitas antara TNI dan Polri dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada TNI yang terus bersinergi bersama kami menjaga potensi-potensi gangguan kamtibmas di wilayah Sumsel sehingga sampai saat ini tetap aman dan kondusif," ujarnya.

Kerja sama yang baik dalam melaksanakan tugas menjaga kamtibmas agar tetap kondusif selama ini seperti menanggulangi COVID-19 serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kemudian dilanjutkan dengan kerja sama TNI/Polri menjaga wilayah Sumsel selalu dalam keadaan kondusif sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik, kata Kapolda Rachmad Wibowo.