Antara gelar pelatihan teknik penulisan beritabuat mahasiswa se-Kalbar

id TJSL Antara

Antara gelar pelatihan teknik penulisan beritabuat mahasiswa se-Kalbar

Sekretaris Redaksi Perum LKBN Antara Sella Panduarsa Gareta menyampaikan materi Teknik Dasar penulisan Berita standar Kantor Berita kepada kepada anggota LPM se-Kalbar yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Pontianak, Sabtu (ANTARA/Rendra Oxtora)

Pontianak (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara memberikan pelatihan jurnalistik kepada Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dari berbagai universitas di Kalimantan Barat (Kalbar) dengan materi utama teknik dasar penulisan berita sesuai standar kantor berita.

"Kegiatan ini diikuti oleh 60 anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dari berbagai universitas di Kalimantan Barat, termasuk Universitas Tanjungpura, Universitas Panca Bhakti, dan Politeknik Sambas, dan beberapa Persma dari perguruan tinggi lainnya. Pelatihan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Pontianak pada Sabtu 7 September 2024," kata Kepala Biro LKBN Antara Kalbar Helti Marini Sipayung, di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan pelatihan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Antara yang salah satu fokusnya adalah memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan.

"Kegiatan ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan kami. Melalui pelatihan ini, kami ingin membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis berita yang sesuai dengan standar kantor berita," ujar Helti.

Ia menambahkan sebelumnya pelatihan serupa telah diadakan di Solo dan Jakarta.

Selama pelatihan para peserta mendapatkan materi komprehensif tentang dasar-dasar jurnalistik, mulai dari riset, brainstorming ide liputan, hingga teknik penulisan berita yang sesuai dengan kaidah dan etika jurnalistik. Selain itu, para peserta juga mengikuti sesi praktik menulis berita dan bedah karya untuk memperkuat kemampuan mereka.