Bos AirAsia ungkap harga avtur Indonesia 28 persen lebih mahal

id AirAsia, Capital A, Tony Fernandes

Bos AirAsia ungkap harga avtur Indonesia 28 persen lebih mahal

CEO Capital A Berhad, induk perusahaan maskapai penerbangan AirAsia Tony Fernandes (kanan) dalam jumpa pers yang digelar di Jakarta, Kamis (5/9/2024). ANTARA/Sinta Ambar

Jakarta (ANTARA) - CEO Capital A Berhad, induk perusahaan maskapai penerbangan AirAsia Tony Fernandes mengungkapkan biaya bahan bakar pesawat di Indonesia memiliki tarif sekitar 28 persen lebih mahal dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

“Harga bahan bakar di Indonesia adalah tertinggi di ASEAN, sekitar 28 persen,” ujar Tony dalam jumpa pers yang digelar di Jakarta, Kamis.

Bahkan, menurutnya tarif avtur di Indonesia terbilang lebih mahal dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Ia menilai minimnya kompetisi penyedia avtur menjadi di Indonesia menjadi faktor penyebabnya.

Hal tersebut lantas diakui turut berimbas pada biaya operasional maskapai yang berujung pada tingginya harga tiket pesawat penerbangan domestik di Indonesia dibandingkan dengan negara lainnnya.

Bila dibandingkan dengan Malaysia, terdapat beberapa pemasok avtur dari perusahaan berbeda, sementara Indonesia masih dipasok sepenuhnya oleh PT Pertamina.