Bawaslu OKU Timur anggarkan Rp15 miliar untuk Pemilu 2024

id Anggaran pemilu, Pemilu 2024, dana hibah, Bawaslu OKU Timur

Bawaslu OKU Timur anggarkan Rp15 miliar untuk Pemilu 2024

Bawaslu OKU Timur menertibkan APK liar. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menganggarkan dana sebesar Rp15 miliar untuk pelaksanaan pengawasan pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di daerah itu.

"Anggaran pemilu ini merupakan dana hibah dari Pemkab OKU Timur," kata Ketua Bawaslu OKU Timur Sunarto di Martapura, Rabu.

Dia menerangkan bahwa pihaknya telah mengajukan dana hibah untuk pemilu ke pemerintah daerah setempat sebesar Rp33 miliar.

"Setelah melalui proses panjang akhirnya Pemkab OKU Timur menyetujui dana hibah untuk Pemilu 2024 sebesar Rp15 miliar," katanya.

Dia menjelaskan, dana hibah yang dianggarkan tersebut diperuntukkan pengawasan pemilihan umum, termasuk membayar honor petugas panwascam, sosialisasi hingga kegiatan bimtek.

"Yang paling besar itu dana untuk honor mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan pengawas tingkat desa," jelasnya.

Guna menghindari kesalahan dalam penggunaan dana hibah tersebut, pihaknya menggandeng Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk menyusun anggaran secara bersama-sama.

Selain itu, Bawaslu OKU Timur juga menghapus kegiatan yang sifatnya tidak ada dalam Peraturan Menteri Keuangan.

“Kami juga meminta bantuan ahli keuangan dari Pemkab OKU Timur supaya pengelolaan keuangan di Bawaslu nanti benar-benar dilakukan secara efektif dan efisien serta tidak melanggar aturan," ujarnya.

Bahkan, Bendahara Bawaslu OKU Timur yang baru ini telah mengikuti pelatihan sertifikat perbendaharaan supaya memahami tentang keuangan.

"Dalam mengelola anggaran kami sangat berhati-hati guna memastikan digunakan sesuai peruntukannya," tegasnya.