Tim Porwil Sumsel masuk pemusatan latihan di Jakabaring

id porwil 2023 sumatera, pekan olahraga, pon, pekan olahraga wilayah

Tim Porwil Sumsel masuk pemusatan latihan di Jakabaring

Dokumentasi - Pertandingan cabang olahraga atletik Porprov Sumsel XIV/2023 Lahat. (ANTARA/Syarif Abdullah)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Para atlet Sumatera Selatan untuk Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2023 se-Sumatera di Pekanbaru Riau menjalani pemusatan latihan di Jakabaring Sport City Palembang.

"Sejak Minggu (22/10) kemarin, atlet sudah masuk pemusatan latihan di Jakabaring. Selama sepuluh hari ke depan akan berlatih di sana," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Sumsel Meirizal Usra i di Palembang, Sumsel, Senin.

Bahkan cabang olahraga sepak bola, sudah melakukan pemusatan latihan lebih awal yakni sejak 13 Oktober 2023.

Menurut dia, Sumsel akan mengikutsertakan atletnya pada sembilan cabang olahraga dari 10 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porwil 2023 wilayah Sumatera yang akan berlangsung 4-16 November 2023 itu.

Sembilan cabang olahraga yang akan diikuti oleh Sumsel adalah atletik, renang, wushu, e-sport, sepak bola, sepak takraw, catur, bola tangan, dan bola voli.

Sedangkan satu-satunya cabang olahraga yang tidak diikuti Sumsel adalah barongsai.

Sementara itu Tim Binpres KONI Sumsel, Deni Zaenal menyebutkan pemusatan latihan di Jakabaring Sport City akan berlangsung hingga tanggal pemberangkatan 3 November 2023. Selama itu akan digenjot oleh masing-masing cabang olahraga itu.

"Rencana pemberangkatan atlet mulai 3 November, karena pembukaan Porwil akan digelar 4 November. Sebelum itu harus  sudah semuanya berada di Riau," katanya.

Ia menyebutkan masing-masing cabang olahraga sudah melakukan penyusunan kekuatan, termasuk melakukan evaluasi terhadap penampilan dan prestasi atlet pada ajang Porprov Sumsel XIV/2023 di Kabupaten Lahat.

Menurut Deni, Sumsel menargetkan perbaikan hasil Porwil 2023 sekaligus memperbaiki hasil dari Porwil sebelumnya di Provinsi Bengkulu.

"Target memperbaiki hasil di Porwil sebelumnya yang cukup terpuruk. Diharapkan kali ini ada peningkatan prestasi, pasalnya susah dekat ke PON," katanya.

Ajang Porprov Sumsel 2023 lalu, diharapkan menjadi salah satu bagian pendorong peningkatan prestasi atlet di ajang Porwil 2023 se-Sumatera.

"Kami serahkan persiapan ke cabang olahraga masing-masing dan dengan memadukan hasil Porprov Sumsel 2023 lalu. Itu pasti salah satu pertimbangan cabang olahraga," kata l.

Sementara itu untuk cabang olahraga lainnya, babak kualifikasi PON dilakukan masing-masing cabang olahraga.