BMKG: Perubahan iklim-krisis air ancaman serius seluruh negara

id bmkg, perubahan iklim, krisis air,forum air dunia,berita sumsel, berita palembang

BMKG: Perubahan iklim-krisis air ancaman serius seluruh negara

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjadi pembicara dalam World Water Congress ke 18 di Beijing, Rabu (13/9/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut perubahan iklim yang berdampak pada krisis air semakin menjadi ancaman serius, sehingga harus menjadi perhatian dan kewaspadaan seluruh negara di dunia.

Dwikorita dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Kamis, menyebut terganggunya siklus hidrologi sehingga terjadi krisis air disebabkan oleh tingginya laju perubahan iklim yang dipicu lonjakan emisi Gas Rumah Kaca (GKR) dari aktivitas manusia,

“Air adalah sumber daya penting yang menopang keberlanjutan kehidupan manusia dan planet ini, maka pengelolaannya secara efisien, berkelanjutan, serta berkeadilan, untuk manusia dan alam adalah salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi di abad ini,” ujarnya dalam World Water Congress ke 18 di Beijing, Rabu (13/9).

Dwikorita menyerukan seluruh negara harus ambil bagian dalam mengatasi masalah air dan menunjukkan pengakuan pentingnya air bagi pembangunan berkelanjutan serta kesejahteraan warga.

Dengan memprioritaskan kebijakan dan program yang mempromosikan konservasi, perlindungan, dan pemanfaatan air secara keberlanjutan, Forum Air Dunia ke-10 yang akan diselenggarakan berikutnya, harus menghasilkan tindakan dan hasil nyata.