Dokter: Waspadai adanya perubahan warna kulit bisa jadi gejala kusta

id kusta,penyakit kulit

Dokter: Waspadai adanya perubahan warna kulit bisa jadi gejala kusta

Tangkapan layar Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi Willa Damayanti dalam diskusi mengenai kusta yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (30/1/2024) (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi Willa Damayanti mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya perubahan warna kulit di tubuh, karena gejala tersebut bisa jadi gejala penyakit lepra atau kusta.

"Gejala dari kusta itu yang pertama yang kita cermati, yang terlihat oleh kita, adanya perubahan warna dari kulit normal. Jadi kulit normal itu bisa lebih gelap, atau dia lebih terang dari kulit normal," katanya dalam diskusi tentang kusta yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Selain perubahan warna kulit, Willa mengatakan masyarakat perlu mewaspadai adanya penebalan atau pembesaran saraf yang bisa dirasakan melalui perasaan nyeri pada saraf.

Kemudian, sambungnya, masyarakat juga perlu mewaspadai hipoanastesi, atau hilangnya seluruh atau sebagian sensibilitas kulit dalam menyentuh sesuatu.

"Jadi kita sebut ada namanya cardinal sign dari kusta, yaitu tanda-tanda penting dari kusta. Harus ada dua dari tiga gejala sebagai penegakan untuk diagnosis kusta dan dalam memberikan terapi untuk kusta," ujar dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Persahabatan, Jakarta itu.