BMKG ungkap udara Kota Palembang tidak sehat

id El Nino, bmkg , udara buruk, karhutla, kondisi udara, polusi, pencemaran udara, fenomena alam, peningkatan suhu, atmosfe

BMKG ungkap udara Kota Palembang  tidak sehat

Kondisi udara di Palembang dinyatakan buruk dampak karhutla musim kemarau 2023 yang dipengaruhi El Nino. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Sinta Andayani mengungkapkan udara di Ibu kota Sumatera Selatan itu akhir-akhir ini kondisinya tidak sehat.

"Dalam kondisi udara tidak sehat, masyarakat diingatkan mengurangi kontak langsung dengan udara di luar ruangan dan menggunakan masker untuk mengantisipasi bahaya polusi udara bagi kesehatan," kata Sinta Andayani di Palembang, Senin.

Menurut dia, udara dalam kondisi tidak sehat dipengaruhi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

"Meningkatnya titik panas dan titik api di berbagai daerah di Sumsel akibat karhutla pada musim kemarau yang dipengaruhi El Nino, menimbulkan polusi udara dari asap sisa karhutla," ujarnya.