1.700 atlet ikuti KejuaraanTaekwondo Pangdam II Sriwijaya

id Pangam, kejuaraan taekwondo, atlet, kejuaraan Mok's Taekwondo, kejuaraan Pangdam Sriwijaya

1.700 atlet ikuti KejuaraanTaekwondo Pangdam II Sriwijaya

Atlet mengikuti kejuaraan Mok's Taekwondo Pangdam Sriwijaya. (ANTARA/HO/Pendam)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 1.700 atlet taekwondo dari lima  provinsi yakni Sumatera Selatan, Jambi, Bangka - Belitung, Lampung dan DKI Jakarta mengikut Kejuaraan Mok's Taekwondo Championship ke-4 Pangdam II/Sriwijaya  tahun 2023.

Kejuaraan yang digelar Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Kodam II/Swj selama dua hari yakni pada   17 -18 Juni 2023, kata Kajasdam II/Sriwijaya Kolonel Inf Debok Sumantokoh ketika membuka kejuaraan tersebut di GOR Dempo Jakabaring Sport City JSC, Palembang, Sabtu.

Menurut dia, kejuaraan itu menjadi barometer untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pengurus provinsi  dalam pembinaan atlet taekwondo di daerahnya.

"Kejuaraan Mok's Taekwondo Championship 4 Pangdam II/Sriwijaya juga dapat dijadikan sebagai wahana untuk saling berkomunikasi dan mempererat jalinan silaturahmi antar sesama atlet," ujar Kolonel Inf Debok Sumantokoh.

Pangdam Mayjen TNI Hilman Hadi dalam amanat   tertulisnya yang dibacakan Kajasdam mengharapkan kejuaraan ini mampu melahirkan atlet-atlet taekwondo yang handal dan tangkas serta kader-kader muda yang energik, yang mampu berkiprah pada forum yang lebih besar, baik di tingkat lokal, nasional dan internasional.

"Saya berharap melalui kejuaraan ini, dapat dimanfaatkan sebagai ajang seleksi dan pembinaan, sekaligus menjadi tolok ukur pembinaan olahraga taekwondo di daerah, sehingga dapat melahirkan atlet-atlet yang handal, dan mampu meraih prestasi pada kejuaraan nasional bahkan internasional," ujarnya.

Seluruh atlet diminta untuk bertanding secara ksatria, menghindari sikap dan perilaku yang tidak terpuji serta mematuhi semua aturan dan ketentuan yang sudah disepakati serta tampil sportif.

"Kalah atau menang, jadi juara atau tidak, adalah hal yang biasa  terpenting adalah kemauan dan tekad yang kuat untuk senantiasa menempatkan diri dalam meraih prestasi terbaik," kata Pangdam  Hilman.

Kejuaraan Mok's Taekwondo Championship ke-4 Pangdam II/Sriwijaya ini mempertandingkan dua kategori yakni tarung  dan pomsai atau seni gerak prestasi pemula serta kadet junior dan senior. Untuk Senior Prestasi ada I6 nomor yang dipertandingkan dengan total 64 medali emas. 

Sedangkan untuk junior prestasi ada 20 nomor putra dan putri.

Sementara itu, untuk kategori pemula khusus untuk anak-anak, diikuti oleh 1.200 peserta sifatnya battle dengan jumlah medali sebanyak 1.500 buah.

Pembukaan Kejuaraan Mok's Taekwondo Championship ke-4 Pangdam II/Sriwijaya ini turut dihadiri Kapendam II/Sriwijaya j, para Wakil Asisten Kasdam II/Swj, Perwakilan Polresta Palembang, Ketua Taekwondo Pengprov Sumsel, Ketua Pelaksana Taekwondo Sumsel, para Perwakilan Pengprov Jambi, Lampung, Bangka Belitung dan Bengkulu.