BPBD OKU Selatan singkirkan material longsor di jalan Desa Tenang

id Tanah longsor, jalan desa, terbisan tanah, Desa Tenang, BPBD OKU Selatan

BPBD OKU Selatan singkirkan  material longsor di jalan Desa Tenang

Ruas sebagian jalan Desa Tenang, Kabupaten OKU Selatan tertutup longsor, Minggu (14/5/2023). (ANTARA/Edo Purmana)

Muaradua (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan melakukan penanganan terhadap material longsor yang menutup jalan Desa Tenang, Kecamatan Kisam Tinggi pada Sabtu (13/5) malam.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD OKU Selatan Heri di Muaradua, Minggu, menjelaskan setelah mendapat laporan peristiwa itu, pihaknya bergerak cepat ke lokasi untuk membersihkan jalan dari tanah longsor agar arus lalu lintas kembali normal.

"Petugas kami juga dibantu warga sekitar masih melakukan pengaturan arus lalu lintas agar tidak menimbulkan antrean kendaraan panjang di jalur tersebut," ujarnya.

Selain itu, personel BPBD OKU Selatan memasang rambu-rambu peringatan bahaya longsor di lokasi bencana agar pengendara ekstra berhati-hati saat melintas di jalur tersebut supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Ruas jalan Desa Tenang, Kecamatan Kisam Tinggi, Kabupaten OKU Selatan, Sumatra Selatan tertutup tanah longsor akibat curah hujan tinggi pada Sabtu (13/5) malam.

Dalam kejadian itu, kata dia, tidak ada korban jiwa karena situasi di ruas jalan tersebut sepi pengendara.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena saat terjadi longsoran tanah kondisi jalan sedang sepi," katanya.

Hanya saja, kata dia, aktivitas masyarakat yang hilir mudik ke luar desa menggunakan kendaraan roda dua dan empat nyaris lumpuh total karena jalan tertutup tanah longsor dari atas bukit.

Longsoran tanah di dua titik sepanjang 100 meter, lebar lima meter dengan ketinggian tiga meter tersebut, membuat pengendara, khususnya kendaraan roda empat terpaksa bergantian untuk melintas di jalur tersebut.

"Untuk kendaraan roda empat harus bergantian melintas karena sebagian jalan tertutup longsor," kata dia.