Unsri berikan kesempatan dosen seluruh PTN daftar bakal calon rektor

id Unsri,universitas sriwijaya,pemilihan rektor unsri,kemendikbudristek

Unsri berikan kesempatan dosen seluruh PTN daftar bakal calon rektor

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsri Palembang Prof Dr H Joni Emirzon. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Panitia Pemilihan Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan, membuka pendaftaran bakal calon rektor periode 2023-2027 dan memberi kesempatan kepada dosen dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar.

"Kami memberikan kesempatan kepada seluruh dosen dari PTN di Tanah Air, dalam penjaringan bakal calon rektor tidak hanya diberikan kesempatan kepada wakil dari 10 fakultas di Unsri, tetapi juga dari 133 PTN di Tanah Air," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsri Palembang Prof Dr H Joni Emirzon, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan masa tugas atau jabatan Rektor Unsri periode 2019-2023 yang kini dijabat Profesor Annis Saggaff berakhir pada 24 September 2023. Oleh karena itu perlu segera dilakukan pemilihan rektor baru periode empat tahun berikutnya.

Berdasarkan peraturan Menristekdikti Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan PTN Pasal 6 (1) tahap penjaringan bakal calon paling lambat lima bulan sebelum berakhirnya masa jabatan pemimpin PTN.



Untuk melakukan pemilihan rektor, pada 15 Maret 2023 Senat Akademik Unsri membentuk panitia pemilihan untuk menyusun draf tata tertib yang dibahas dalam rapat Senat Paripurna dan telah dikonsultasikan dengan Kemendikbudristek dan telah disahkan dalam rapat senat pada 28 April 2023.

Tahapan pemilihan rektor Unsri 2023-2027 yakni penjaringan bakal calon pada 8 Mei-8 Juni 2023, penjaringan dan penetapan tiga calon rektor pada 26 Juni 2023.

Kemudian pemilihan calon rektor 28 Juli 2023, penetapan calon terpilih, dan pelantikan Rektor Unsri yang ditentukan kemudian Mendikbudristek.

"Kami ingin masyarakat luas mengetahui ada penjaringan calon dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siapapun yang pantas dan memenuhi syarat mendaftar mengikuti pemilihan Rektor Unsri," ujar Joni.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unsri buka kesempatan dosen seluruh PTN daftar bakal calon rektor