UI puncaki Edurank 2024

id edurank 2024,UI,universitas indonesia

UI puncaki Edurank 2024

Gedung Rektorat UI (ANTARA/Feru Lantara)

Depok (ANTARA) - Pemeringkatan perguruan tinggi merupakan bagian dari ukuran peningkatan kualitas pendidikan baik di tingkat nasional maupun global.

Universitas Indonesia (UI) berada di posisi teratas di Indonesia dan mengalami kenaikan peringkat di level Asia dan dunia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh EduRank 2024.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro di kampus UI Depok, Jumat, menilai prestasi ini hasil kerja keras atas keseriusan UI dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan di tingkat global.

Ia mengatakan sivitas akademika UI tidak lagi berorientasi menghasilkan banyak publikasi, tetapi meningkatkan kualitasnya. Banyaknya sitasi pada penelitian-penelitian UI menjadi bukti bahwa UI turut berperan dalam menghadirkan solusi permasalahan dunia.

Selain itu, pendidikan berkualitas yang diberikan UI berpengaruh terhadap kontribusi para alumni UI di tengah masyarakat luas.



Pemeringkatan EduRank 2024 ini diikuti oleh 14.131 universitas dari 183 negara. Di tingkat Asia, peringkat UI naik dari 92 menjadi 88, sementara di tingkat global, naik dari 562 menjadi 531.

Sedangkan di tingkat Asia Tenggara, UI menempati posisi enam.

Kenaikan peringkat UI tersebut didasarkan pada tiga indikator, yakni hasil penelitian (45 persen), reputasi non-akademik (45 persen), dan pengaruh alumni (10 persen).