Polres OKU terjunkan ratusan personel untuk amankan arus mudik Lebaran

id Operasi Ketupat, arus mudik, tim gabungan, arus lalulintas, kendaraan pemudik, pos pengamanan,Polres OKU terjunkan ratus

Polres OKU terjunkan ratusan personel untuk amankan arus mudik Lebaran

Jajaran Polres OKU mengikuti Vicon dan rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat Musi 2023, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, melalui Kabag Ops Kompol Liswan Nurhapis di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa personel yang diterjunkan itu untuk memastikan arus mudik dan balik berjalan aman dan lancar.

"Ada sebanyak 112 personel Polri, ditambah sinergi instansi samping dan organisasi terkait dengan total berjumlah 278 orang," katanya.

Dia mengatakan, personel yang tergabung dalam Operasi Ketupat Musi 2023 itu disiagakan di sejumlah titik rawan kemacetan arus lalulintas saat momentum libur panjang.

Seperti di sepanjang ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Batukuning dan Simpang Batumarta yang biasanya dipadati kendaraan pemudik dari Pulau Jawa untuk pulang ke kampung halaman di Palembang.

"Untuk kemungkinan di titik rawan macet kami akan melakukan penebalan personel dan membuat pos pantau di Simpang Sukajadi," katanya.

Pihaknya pun menyiapkan tim pengurai kemacetan untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan yang keluar masuk dari pintul tol Prabumulih-Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

"Karena pintu tol Prabumulih mulai besok sudah mulai dibuka sehingga kemungkinan akan lebih banyak kendaraan keluar dari arah sana khususnya pemudik dari Prabumulih menuju Baturaja," jelasnya.

Ia berharap tim gabungan yang dikerahkan dalam Operasi Ketupat Musi 2023 itu lebih tanggap dan jeli melihat situasi di lapangan agar arus lalulintas di wilayah itu berjalan normal.

"Karena keberadaan anggota di lokasi rawan kemacetan dan penumpukan kendaraan sangat berpengaruh dalam pengamanan arus lalulintas pemudik nantinya," tegasnya.