Erick Thohir kagum kegigihan anak muda perantauan gapai cita-cita

id Erick Thohir,Presiden Jokowi,Menteri BUMN

Erick Thohir kagum kegigihan anak muda perantauan gapai cita-cita

Menteri BUMN Erick Thohir saat kunjungan kerja di Pasar Pagi Bathupat Timur, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2/2023). ANTARA/Instagram/@erickthohir

Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengagumi sikap Fatullahabid Lubis (18), anak muda asal Medan, Sumatera Utara, yang merantau ke Aceh dan gigih ingin mencapai cita-citanya menjadi seorang anggota TNI.

"Senang sekali bertemu Abid, anak muda yang jadi tulang punggung keluarga meski ada di perantauan. Luar biasa kamu, Bid," kata Erick dalam unggahan Instagram miliknya, Jumat.

Momen pertemuan Erick Thohir dan Abid terjadi di sela acara Erick menemani Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Pasar Pagi Bathupat Timur, Lhokseumawe, Aceh, Jumat.

Di Pasar Pagi Bathupat Timur tersebut, Abid berjualan bubur kacang hijau dan duduk di pelataran masjid dekat gerobak dagangannya. Sambil menunggu pembeli, Abid terlihat membaca Al-Quran.

"Memang selalu gini (mengaji) sambil nunggu ada yang beli. Tapi, katanya ada Pak Erick Thohir mau datang, jadi sekalian nunggu beliau," kata Abid.

Di sela kunjungan kerja tersebut, Erick tiba-tiba menghampiri Abid yang sedang berada di samping gerobak dagangan bubur kacang ijo miliknya.

Dalam momen tersebut, Abid menceritakan bahwa dirinya empat bulan lagi akan masuk kuliah di fakultas sosiologi, namun ingin mencoba menjadi anggota TNI Angkatan Laut atau Angkatan Darat.

"Bulan empat nanti mau masuk kuliah fakultas sosiologi. Tapi, karena saya pun masih muda, mau coba masuk bintara di TNI Angkatan Laut atau Angkatan Darat," katanya.

Abid bercerita bahwa dirinya sejak lulus pesantren sudah merantau ke Lhokseumawe, sementara ibunya tinggal di Medan dan ayahnya telah meninggal dunia. Selama di pesantren, Abid mengaku telah menghafal 20 juz Al-Quran.

Menteri BUMN Erick Thohir berjanji akan membantu mewujudkan cita-cita Abid untuk menjadi seorang anggota TNI.

"Nanti dibantu ya. Semoga jadi panutan anak muda lainnya, hafalannya dijaga ya Bid. Semoga berkah dunia akhirat," kata Erick.

Dalam video yang diunggah Erick Thohir juga memperlihatkan aktivitas Presiden Jokowi menyapa para pedagang di Pasar Bathupat. "Kenal sama bapak ini? (sambil menunjuk Erick Thohir)," tanya Presiden Jokowi ke pedagang.

"Kenal pak, bapak BUMN," jawab para pedagang.

"Benar, bapak BUMN, pinter," kata Presiden Jokowi.

Selain ke Pasar Bathupat, Presiden Joko Widodo serta Erick Thohir meresmikan pabrik pupuk NPK (nitrogen, phospor, kalium) PT Pupuk Iskandar Muda di Kabupaten Aceh Utara. Kemudian menyerahkan dana kredit usaha rakyat (KUR) tahun 2023 di lokasi tersebut.

Selanjutnya, Presiden melakukan pertemuan dengan para milenial di Gedung Pertemuan PT Pupuk Iskandar Muda.