Ribuan guru dan siswa OKU ikuti jalan sehat HUT ke-77 PGRI

id Jalan sehat, HUT PGRI, Hari Guru Nasional, ribuan guru, siswa sekolah, karakter siswa, Dinas Pendidikan OKU

Ribuan guru dan siswa OKU ikuti jalan sehat HUT ke-77 PGRI

Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah melepas peserta jalan sehat dalam rangka memperingati HUT PGRI ke 77 tahun 2022, Minggu (20/11/2022) ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Ribuan guru dan siswa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati HUT ke-77 PGRI tahun 2022 sekaligus Hari Guru Nasional yang digelar Dinas Pendidikan setempat.

Pelepasan jalan sehat dan parade drum band ini dilakukan oleh Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah, Minggu pagi dimulai dari rute di depan rumah dinas bupati, Jalan Akmal Pasar Atas Baturaja melewati Jembatan Ogan 1 dan finis di Taman Kota Baturaja.

Dalam sambutannya, Teddy mengatakan peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini diharapkan dapat memacu semangat para guru dalam mengajar di sekolah untuk membentuk karakter siswanya.

Menurutnya, penguatan karakter generasi muda masa depan bangsa penting dilakukan di masa ini, terlebih lagi di era digital agar siswa memiliki karakter berbudi pekerti yang unggul.

“Momentum peringatan hari ulang tahun PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini dapat kita jadikan semangat untuk terus memperbaiki dunia pendidikan di tanah air,” katanya.

Dia mengatakan, tantangan bagi generasi muda di era sekarang cukup berat sehingga peran guru saat ini sangat penting dalam memberikan ilmu yang bermanfaat untuk masa depan.

"Di era seperti sekarang ini tidak hanya cukup untuk memintarkan generasi penerus bangsa saja, namun harus mampu membentuk karakter masing-masing siswa," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU, Alfarizi menjelaskan, dalam kegiatan jalan sehat ini diikuti sebanyak 4.700 guru tenaga pendidikan dan 15 ribu siswa yang tersebar di Kabupaten OKU.

Selain jalan santai, kata dia, dalam memperingati HUT PGRI ke 77 dan Hari Guru Nasional tahun 2022 juga dilakukan berbagai kegiatan perlombaan seperti tenis lapangan, bola voli dan tenis meja.

"Makna dari kegiatan ini adalah Kita Bangkit, Semangat dan Maju setelah selama dua tahun ini dunia pendidikan turut terdampak pandemi COVID-19," ujar dia.