Ternyata pola makan tak sehat faktor utama penyakit jantung

id eka hospital,berita palembang, berita sumsel,tindakan angioplasti,tabung wire mesh,dr Bayushi Eka Putra,penyakit jantung

Ternyata pola makan tak sehat faktor utama penyakit jantung

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital BSD Tangerang Selatan dr Bayushi Eka Putra saat memberikan paparan mengenai gejala dan penanganan penyakit jantung kepada media. ANTARA/Irfan.

Tangerang (ANTARA) - Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital BSD Tangerang Selatan dr Bayushi Eka Putra mengatakan pola hidup seperti mengonsumsi makanan tidak sehat menjadi faktor utama penyakit jantung saat ini.

"Banyak kasus jantung diketahui dari pola hidup dengan konsumsi makanan tak sehat. Ini perlu menjadi perhatian semua orang. Apalagi ada kasus jantung orang berusia 20 tahun," kata dr Bayushi Eka Putra di Tangerang, Rabu.

Ia menyarankan masyarakat perlu mengetahui kondisi masing-masing tubuh sebelum mengkonsumsi makanan. Misalnya kadar kolesterol dan gula agar dapat mengkontrol makanan yang akan dikonsumsi.

"Tubuh sebenarnya sudah memberikan peringatan ketika kita mengonsumsi makanan yang tak sesuai namun kebanyakan diacuhkan. Lalu ditambah lagi aktifitas fisik seperti olahraga berkurang maka bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data, satu orang meninggal setiap 34 detik karena penyakit kardiovaskular. Sekitar 697.000 orang di Amerika Serikat meninggal karena penyakit jantung pada tahun 2020. "Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian," katanya.

Sementara itu, serangan jantung adalah kondisi saat otot jantung tidak mendapatkan aliran darah secara mendadak karena hambatan aliran darah. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian bila tidak segera ditangani karena fungsi jantung terganggu untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.