3.000 pesepeda ikuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo di OKU Selatan

id sepeda,sepeda gunung,destinasi wisata,wisata,gubernur sumsel

3.000 pesepeda ikuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo di OKU Selatan

Peserta Sriwijaya Ranau Gran Fondo di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Sabtu (12/11/22). (ANTARA/HO)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 3.000 orang pencinta olahraga sepeda gunung mengikuti ajang Sriwijaya Ranau Gran Fondo di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Sabtu.

Gubernur Sumsel Herman Deru setelah melepas peserta mengatakan ajang Sriwijaya Ranau Gran Fondo ini telah menjadi ajang tahunan di Sumsel, yang mana tahun 2022 menjadi penyelenggaraan keempat.

“Yang jelas Sriwijaya Ranau Gran Fondo ini sudah semakin dikenal, baik skala nasional maupun internasional. Indikatornya dari jumlah peserta,” kata Herman Deru.

Pada pertama kali digelar pada 2019, ajang ini hanya diikuti 500 peserta, lalu pada 2020 sebanyak 1.000 peserta.

Kini setelah pandemi terjadi lonjakan hingga mencapai 3.000 peserta yang berasal dari 29 provinsi di Indonesia, termasuk juga peserta dari mancanegara di antaranya Ukraina, Suriname, Rusia dan Jerman.

Ajang ini diminati peserta karena memberikan hadiah ratusan juga dan satu unit mobil sebagai hadiah utama.

Bagi Herman Deru, apa yang dilakukan Kabupaten OKU Selatan ini selayaknya dicontoh kabupaten/kota lain di Sumsel dalam meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata.

Sektor pariwisata saat ini sangat menjanjikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi di daerah, termasuk untuk mendongkrak sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Tapi pesan saya, karena ini yang ditawarkan adalah alam maka penting untuk menjaga kelestarian alam dan kearifan lokal,” ujar dia.

Demikian juga diharapkan Pemkab OKU Selatan aktif mengajak masyarakat setempat untuk terbiasa dalam melayani para pendatang yang bertindak sebagai pelancong.