Tokopedia ungkap tren belanja selama Kampanye Ramadhan Ekstra 2022

id tokopedia,ramadhan

Tokopedia ungkap tren belanja selama Kampanye Ramadhan Ekstra 2022

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya memberikan penjelasan dalam acara paparan tren belanja di Jakarta, Senin (25/4/22). (ANTARA/HO-Tokopedia)

Palembang (ANTARA) - Tokopedia mengungkapkan tren belanja produk makanan dan minuman mendominasi selama menggelar Kampanye Ramadhan Ekstra, 25 Maret-20 April 2022.

Berdasarkan data internal Tokopedia diketahui selain makanan dan minuman, juga produk kesehatan, rumah tangga, elektronik dan perawatan diri yang masuk dalam kategori terlaris selama periode tersebut.

Sementara, parsel Ramadan dan Lebaran menjadi produk yang paling banyak dicari.

Sedangkan cokelat, kue kering dan diffuser pengharum ruangan adalah jenis produk yang paling banyak diburu sebagai parsel Ramadan.

Dengan menggencarkan inisiatif Hyperlocal, Tokopedia menginisiasi berbagai kampanye yang menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Salah satunya adalah Parsel Ramadan yang menghadirkan ribuan pilihan parsel dari UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia.

UMKM yang ikut dalam kampanye ini di antaranya penjual asal Yogyakarta, Dekayu Indonesia. Transaksi Dekayu meningkat lebih dari empat kali lipat di Ramadan 2021 dibanding periode yang sama di bulan sebelumnya.

Di sisi lain, menjelang Lebaran 2022, kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya adalah makanan dan minuman, fesyen, perawatan diri dan kecantikan.

Selain adanya peningkatan transaksi, jumlah penjual di berbagai daerah Indonesia pun terus bertumbuh.

Menurut data 2021, Denpasar, Makassar dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual UMKM di Tokopedia.

Jumlah perempuan pengiat UMKM di Tokopedia juga mengalami peningkatan sebesar 2,5 kali lipat di tahun 2021 dibanding dengan tahun 2020.

Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pengiat UMKM paling tinggi di 2021.

Sedangkan peningkatan tertinggi jumlah pembeli terjadi di daerah Grobogan, Malang, Palembang, Semarang, Bandung.

Seiring meningkatnya penjual UMKM, Tokopedia terus menghadirkan berbagai kampanye demi mendukung tumbuh kembang pelaku UMKM lokal.

Agar mencapai tujuan tersebut, lewat inisiatif Hyperlocal, Tokopedia menginisiasi salah satu kampanye yang menguntungkan penjual, yakni Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Dengan mengusung teknologi geo-tagging, kampanye KTP bertujuan untuk mendekatkan UMKM di seluruh penjuru Indonesia dengan pembeli setempat agar punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Selain berbagai kampanye yang dilakukan, Tokopedia juga rutin untuk mendampingi para pelaku UMKM dengan mengadakan Kelas Maju Digital (KMD).

Webinar gratis yang sukses dihadiri oleh lebih dari 1.000 seller ini telah diselenggarakan di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Tangerang, Sumatera, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara pada April 2022.

“Tokopedia menggencarkan inisiatif Hyperlocal guna lebih mendekatkan UMKM lokal di berbagai daerah dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” kata External Communications Senior Lead at Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam acara paparan tren belanja di Jakarta, Senin (25/4/22).