BPS OKU Timur dapat penghargaan sebagai penyedia data pertanian berkualitas

id Pemberian penghargaan, Badan Pusat Statistik, data pertanian, penyedia data berkualitas, Bupati OKU Timur,BPS OKU Timur

BPS OKU Timur dapat penghargaan sebagai penyedia data pertanian berkualitas

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah memberikan penghargaan bidang pertanian, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Martapura (ANTARA) - Badan Pusat Satistik (BPS) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mendapat penghargaan sebagai penyedia data pertanian yang berkualitas dan indikator starategis dari pemerintah daerah setempat.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah didampingi Kepala Dinas Pertanian, Tubagus Sunarseno di Martapura, Rabu menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan kepada BPS karena telah menyediakan data pertanian yang berkualitas dan indikator starategis dalam mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia.

Menurut dia, data tentang pertanian yang disediakan BPS sejak beberapa tahun terakhir menjadi acuan bagi Kementrian Pertanian dalam memberikan penghargaan kepada Pemkab OKU Timur sebagai kabupaten keempat penghasil produksi padi tertinggi di Indonesia.

Selain itu, kata dia, data yang ada di BPS juga menjadi acuan untuk menetukan kebijakan dan sebagai dasar dalam bergerak meningkatkan hasil pertanian di wilayah itu.

"Dengan tersedianya data yang berkualitas di BPS ini diharapkan Kabupaten OKU dapat mencapai target penyerapan hasil pertanian 1 juta ton gabah kering tahun ini," ujar Bupati.

Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Tubagus Sunarseno menambahkan, selain BPS penghargaan juga diberikan pemerintah kepada para camat, penyuluh serta petugas pertanian yang telah berhasil melaksanakan gerakan membasmi organisme pengganggu tanaman.

"Total penghargaan yang diberikan pemerintah ini ada sebanyak 16 piagam bidang pertanian," ujar dia.

Menurut Tubagus, Gerakan Gobyolan (sergap) hama tikus yang dilaksanakan para penyuluh dan petugas pertanian ini dianggap berhasil dan menjadi contoh bagi kabupaten lainnya di Sumsel.

"Diharapakan dengan diberikannya penghargaan ini dapat memberikan semangat bagi masyarakat, penyuluh dan petugas pertanian untuk menjaga dan meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten OKU Timur," harapnya.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021