Realisasi vaksinasi COVID-19 di Sumsel 14,7 persen

id stok vaksinmenipis , ajukan permintaan ta,Dinkes sumsel, vaksin covid

Realisasi vaksinasi COVID-19 di  Sumsel 14,7 persen

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Realisasi vaksinasi COVID-19 di wilayah Sumatera Selatan sejak dimulainya kegiatan tersebut pada pertengahan Januari 2021 hingga Juli ini telah mencapai 14,7 persen dari target yang ditetapkan 6,4 juta jiwa.

Realisasi vaksinasi tersebut berdasarkan segmentasi sasaran sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat seperti SDM kesehatan, pelayanan publik, lansia, masyarakat rentan umum, remaja atau anak usia 12-17 tahun, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan realisasi vaksinasi di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu sebagian besar masih di bawah target yang diharapkan.

Sedangkan yang telah mencapai target sasaran yakni vaksinasi untuk segmentasi pelayanan publik, realisasinya sudah mencapai 100 persen dari target yang ditetapkan 439.477 orang.

Kemudian vaksinasi segmentasi SDM atau tenaga kesehatan hampir rampung, sekarang ini realisasi telah mencapai 98 persen dari target 49.007 orang, katanya.

Melihat masih rendahnya realisasi vaksinasi secara keseluruhan, pihaknya berupaya meningkatkan kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat dan orang-orang yang yang masuk daftar prioritas.

Untuk meningkatkan kegiatan vaksinasi, pihaknya mengajukan permohonan tambahan vaksin karena stok yang tersedia sudah menipis bahkan ada fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat tidak memiliki persediaan lagi.

Melalui upaya tersebut diharapkan kegiatan vaksinasi di provinsi ini bisa berjalan maksimal sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) dari penularan COVID-19 bisa dicapai pada awal 2022, ujar Kadinkes.