Satu kecamatan di Kabupaten OKU nihil kasus COVID-19

id Nihil kasus COVID-19, zona hijau, Kecamatan Muara Jaya, Ogan Komering Ulu, protokol kesehatan, Satgas COVID-19 OKU

Satu kecamatan di Kabupaten OKU nihil kasus COVID-19

Ilustrasi COVID-19 (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mencatat satu kecamatan di wilayah itu nihil kasus COVID-19 dengan status zona hijau.

"Dari 13 kecamatan di OKU hanya Kecamatan Muara Jaya yang hingga saat ini tidak ada kasus penyebaran COVID-19," kata Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Kamis.

Meskipun berstatus zona hijau, kata dia, warga di kecamatan itu tetap diminta mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Masyarakat jangan terlena dan menganggap enteng virus corona karena dapat diderita oleh semua usia, terlebih masyarakat berusia di atas 60 tahun.

Berdasarkan data per 17 Juli 2021 Kabupaten OKU berstatus zona oranye COVID-19 dengan angka kasus positif berjumlah 490 orang, 389 sembuh, 49 meninggal dunia dan 52 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Ratusan warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten OKU dengan status wilayah rata-rata zona kuning dan oranye, sedangkan Kecamatan Muara Jaya berstatus zona hijau.

Penyebaran tertinggi kasus positif terdapat di Kecamatan Baturaja Timur dengan status zona oranye yaitu berjumlah sebanyak 332 kasus, 267 sembuh dan 26 warga meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona.

Selanjutnya Kecamatan Baturaja Barat 64 kasus, Lubuk Raja 24 kasus, Lubuk Batang 21 kasus dan Sinar Peninjauan 12 kasus.

"Sedangkan kecamatan lainnya rata-rata hanya 1-9 kasus positif dengan status zona kuning," ujarnya.