Unila tercantum dalam pemeringkatan PT di dunia

id Universitas Lampung,Unila,Pemeringkatan Times Higher Education,Unila masuk pemeringkatan dunia,Rektor Unila

Unila tercantum dalam pemeringkatan PT  di dunia

Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). Kamis. (22/4/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) untuk pertama kalinya berhasil tercantum dalam pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang berkontribusi dalam pencapaian United Nations' Sustainable Development Goals (SDGs) yang di rilis oleh Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2021.

"Kita bersyukur karena ini merupakan yang pertama kalinya Unila masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education," kata Juru Bicara Unila Drs Kahfie Nazaruddin MPd di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa indikator penilaian dari THE yakni Responsible consumption and production, sesuai dengan tujuan ke 12 SDGs. Lalu Peace, justice and strong institutions sesuai dengan tujuan ke 16.

"Ada juga Quality education, sesuai dengan tujuan ke 4 SDGs. Terakhir Partnerships for the goals, sebagaimana tujuan SDGs ke 17," kata dia.

Ia mengatakan dengan Unila masuk pemeringkatan oleh THE, hal tersebut memberikan bukti bahwa kampus ini terlibat dalam upaya pencapaian SDG's, dimana pada poin yang menyinggung peran pendidikan tinggi sesuai dengan kriteria penilaian The Impact Ranking 2021.

"Ke depan masih banyak target yang ingin dicapai oleh Unila. Pencapain ini pun tidak terlepas dari peran Rektor Unila Prof Karomani dan juga semua jajarannya dalam meningkatkan kualitas kampus ini," kata dia.

Berdasarkan, Website https://www.timeshighereducation.com/ yang diakses Antara Lampung, Kamis (22/4/2021), Unila menjadi satu di antara 1.115 kampus lain di dunia yang masuk ke dalam penilaian.

Adapun skors yang diperoleh Unila ialah sebesar 47,6-56,5 dari skor maksimal 100. Times higher education (THE), merupakan lembaga perangkingan yang bereputasi dari UK - Inggris.QS.

THE menjadi lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang diakui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan cq Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menggunakan QS dan THE sebagai indikator Perguruan Tinggi Berkelas Dunia.