Pemprov bantu pendanaan bangun destinasi wisata terpadu Lubuklinggau

id gubernur sumsel,sumsel,provinsi sumsel,sumatera selatan,gubernur herman deru

Pemprov bantu pendanaan bangun destinasi wisata  terpadu Lubuklinggau

Gubernur Sumsel Herman Deru. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong realisasi destinasi wisata terpadu di Kota Lubulinggau dengan mengalokasikan sejumlah dana untuk pembuatan danau buatan.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Sabtu, mengatakan danau ini nantinya bukan hanya menjadi salah satu titik wisata tapi juga sarana yang berfungsi untuk penyerapan air.

Selain itu, pemprov melalui dana APBD juga membantu pembangunan akses jalan menuju destinasi wisata Petanang, Lubuklinggau tersebut dengan menggunakan alokasi dana Bantuan Gubernur (Bangub) senilai Rp15 miliar.

“Melalui bantuan ini diharapkan ekonomi masyarakat Lubuklinggau semakin menggeliat berkat sektor pariwisatanya,” kata dia.

Ia mengatakan Kota Lubuklinggau memiliki keunggulan dari segi pariwisata dibandingkan kabupaten/kota lain di Sumsel, namun untuk mengembangkannya terkendala pada ketersediaan dana.

Oleh karena itu, pemprov menilai perlu untuk memberikan bantuan tersebut, apalagi perbaikan infrastruktur jalan dan pengembangan pertanian menjadi prioritas pembangunan di daerah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Lubuklinggau Achmad Asril Asri mengatakan pada tahun ini sudah dirampungkan pembuatan Detail Enginering Design (DED).

Sejauh ini Pemkot Lubuklinggau sudah melakukan beberapa nota kesepahaman (MoU) dengan investor terkait pembangunan danau dan pantai buatan.

Kemudian, wahana wisata air, cottage, kolam pemancingan, snowpark, main plaza, zip line tree, shopping area, service area, kincir angin, skate park, bird dome, taman bermain anak, lapangan voli dan futsal hingga lapangan golf di atas areal seluas 125 Hektare.

“Proses pembangunan lokasi wisata terpadu tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan menggandeng pihak ketiga,” kata dia.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar