13.065 petani di Kabupaten OKU segera miliki kartu tani

id Kartu tani, 13.065 kartu, petani OKU, dibagikan secara simbolis, tanpa perantara

13.065 petani di Kabupaten OKU segera miliki kartu tani

Ilustrasi Kartu Tani. ANTARA/HO-Aspri

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 13.065 petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan segera memiliki kartu tani untuk digunakan berbagai kebutuhan seperti memenuhi keperluan pertanian.

"Kartu tani yang dicetak untuk petani di Kabupaten OKU ini yaitu sebanyak 13.065 keping," kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Saihu di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, saat ini proses formulir pembukaan rekening masih diproses ditingkat kelompok tani di wilayah setempat untuk kemudian dicetak kartunya.

"Penyerahan kartu tani ke kelompok tani setelah formulir dikembalikan ke pihak Bank BNI Cabang Baturaja," katanya.

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang gencar menyosialisasikan manfaat kartu tani bagi seluruh kelompok tani di wilayah setempat.

Dalam sosialisasi tersebut pihaknya melibatkan seluruh kios pengecer resmi pupuk bersubsidi se Kabupaten OKU dengan jumlah sebanyak 41 Kios.

"Rencanakan penyerahan kartu tani ini akan dilakukan secara simbolis oleh Bupati OKU, Kuryana Azis kepada kelompok tani sekaligus mempraktekkan tata cara penggunaannya," ujarnya.

Dia menjelaskan, adapun manfaat dan fungsi kartu tani antara lain yaitu para petani dapat dengan mudah memperoleh pupuk bersubsidi dan dapat menjual hasil pertanian tanpa perantara.

Keberadaan kartu tani ini diharapkan dapat memangkas praktik penjualan hasil pertanian yang tidak sehat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

"Dan masih banyak lagi manfaat kartu tani ini dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani khususnya di Kabupaten OKU," tegas dia.