PKK Sumsel peduli pedagang tradisional cegah COVID-19

id pkk sumsel,pkk,sumsel,info sumsel,pedagang tradisional,pasar tradisional,covid-19,covid sumsel

PKK Sumsel peduli pedagang tradisional cegah COVID-19

Ketua PKK Sumsel Feby Deru (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Sumatera Selatan peduli pedagang pasar tradisional agar tidak terpapar COVID-19 dengan melakukan sosialisasi dan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) dan rutin mengunjungi pasar tradiosional sekaligus sosialisasi protokol kesehatan.

"Mari bapak-bapak, ibu-ibu pedagang kita patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa kita tetap menjaga fisik agar tetap prima. Ikuti himbauan pemerintah seperti selalu menggunakan masker untuk menangkal virus corona," ujar Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru di Palembang, Minggu.

Feby mengatakan kegiatan itu diselenggarakan atas kerja sama PKK, PMI dan Organisasi Perangkat Daerah dalam jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel. Kunjungan ke pasar-pasar tradisional bertujuan untuk bersilaturahim sekaligus membagikan APD berupa 'face shield' untuk penutup wajah dan masker guna cegah tangkal COVID-19

"Tujuannya agar alat ini dipakai tiap hari untuk para pedagang. Begitu juga bagi penjual harus tetap menjaga dan melindungi diri. Jangan biarkan diri sakit sehingga menghalangi kegiatan kita beraktivitas," ujar dia.

Ketua Dekranasda Sumsel itu juga mengedukasi masyarakat bahwa penyebaran COVID-19 dapat terjadi melalui siapa saja, baik itu pedagang atau juga pembeli itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi prosedur protokol kesehatan.

Kadis Perdagangan Sumsel Iwan Gunawan Syahputra warga tetap menerapkan perilaku hidup bersih, dan rajin mencuci tangan dengan air mengalir dengan sabun sehingga terhindar dari paparan corona.

TP PKK beserta rombongan mengunjungi Pasar Kertapati Palembang, Pasar 3-4 Ulu Palembang, dan Pasar 10 Ulu untuk cegah tangkal COVID-19. Sebelumnya rombongan mengunjungi pasar Kebun Semai dan Pasar Skip Ujung Palembang dalam upaya mencegah paparan corona.

Selain itu, tim PMI Sumsel melakukan promosi kesehatan dengan menyosialisasikan ciri-ciri gejala corona, tindakan tanggap COVID yang bisa diambil masyarakat dengan segera, serta tindakan pencegahan penularan wabah tersebut.