Pemkab OKU Selatan dirikan posko dan dapur umum bantu korban banjir bandang

id banjir bandang, banjir bandang oku selatan,korban banjir bandang,posko dan dapur umum,pemkab oku selatan dirikan dapur umum

Pemkab OKU Selatan dirikan posko dan dapur umum bantu korban banjir bandang

Arsip - Personel BPBD mengevakuasi warga korban banjir menggunakan perahu karet. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Selatan, Sumatera Selatan segera mendirikan posko dan dapur umum untuk membantu korban terdampak banjir bandang yang terjadi pada Jumat (8/5) dini hari akibat hujan deras dan meluapnya Sungai Saka Selabung.

"Posko dan dapur umum ini akan diperuntukan guna menampung dan membantu korban banjir bandang," kata Bupati OKU Selatan, Popo Ali di Muaradua, Jumat.

Dia menjelaskan, posko dan dapur umum ini akan segera didirikan di dua kecamatan yang terdampak banjir di Kecamatan Buay Sandang Aji dan Kecamatan Muaradua.

"Rencananya posko dan dapur umum ini didirikan di dua kecamatan tersebut karena cukup banyak warga yang mengungsi akibat rumahnya terendam banjir," katanya.

Adapun wilayah di Kabupaten OKU Selatan yang terdampak banjir yaitu di Kecamatan Buay Sandang Aji di sepanjang lintasan Sungai Saka-Selabung.

Sedangkan, untuk Kecamatan Muaradua meliputi wilayah Kelurahan Muaradua mulai dari kawasan lingkungan Simpang Pendagan, Kampung Rengas, Talang Bandung dan Kampung Masjid.

Selain itu, lanjut dia, banjir bandang akibat luapan aliran Sungai Saka Selabung tersebut juga merendam permukiman penduduk di Kelurahan Kisau Talang Sebaris dan Kelurahan Bumi Agung lingkungan Pasar Lama, Kampung Serdang serta Tangsi dengan kedalaman air mencapai 2 meter.

"Tim Tagana dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan tadi sudah mengevakuasi warga menggunakan perahu karet dan jas pelampung sehingga tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut," ujarnya.