Palembang sediakan puluhan titik fasilitas cuci tangan

id pemkot,corona,virus,COVID-19,penanganan corona,virus corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Palembang sediakan puluhan  titik fasilitas cuci tangan

Anak-anak memanfaatkan fasilitas tempat cuci tangan atau wastafel portabel di jalan Bata, Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/3/2020). ANTARA/Arif Firmansyah/foc.

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang menyediakan 50 titik fasilitas cuci tangan di sejumlah ruang publik dan pusat keramaian untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19), yang sejauh ini sudah ada satu orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan terkomfirmasi positif.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, mengatakan langkah tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Palembang.

“Ada 50 titik fasilitas cuci tangan yang kita sediakan, lengkap dengan sabun antiseptik, disertai air mengalir,” ujar dia.

Ia mengatakan fasilitas yang disiapkan bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi itu salah satunya ditempatkan di bawah Jembatan Ampera.

Harnojoyo mengatakan, akan terus berupaya melakukan antisipasi dan pencegahan agar COVID-19 tidak masuk ke Palembang.

“Kami juga melakukan penyemprotan ribuan liter disinfektan di jalan utama dan kantor-kantor pemerintahan serta fasilitas umum,” kata dia.

Tidak hanya itu, Pemkot Palembang melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) BARI telah menyiapkan ruang isolasi dan terus memantau kesiapan tim gugus penanggulangan dan pencegahan COVID-19 Kota Palembang.

“Upaya tindakan dini pencegahan COVID-19 sudah kita siapkan, termasuk menyiapkan ruang isolasi. Ada 14 bed yang disiapkan di RSUD Bari Palembang,” katanya.

Menurut walikota, pemkot terus melakukan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran COVID-19, mulai dari pengaturan jarak aman dalam komunikasi (social distancing) hingga ajakan untuk beraktivitas di rumah.