Sumsel mendapat alokasi 26.682 dosis vaksin COVID-19 penguat kedua

id Dinas Kesehatan SUmsel,Vaksinasi dosis penguat kedua,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Sumsel mendapat alokasi 26.682 dosis vaksin COVID-19 penguat kedua

Arsip- Petugas pelayan kesehatan menyiapkan dosis vaksin COVID-19 di Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan sebanyak 26.682 dosis vaksin COVID-19 untuk vaksinasi penguat kedua demi mencapai kekebalan komunal warga daerah setempat dari penularan virus itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dr Trisnawarman kepada wartawan di Palembang, Senin, mengatakan puluhan ribu dosis vaksin merek Pfizer kiriman pertama dari Kementerian Kesehatan RI tersebut disiapkan untuk vaksinasi terhadap sekitar 1 juta sasaran vaksinasi di 11 kabupaten/kota provinsi setempat.

“Petugas dinas kesehatan di 11 daerah itu sudah bisa mengambil vaksin di gudang penyimpanan provinsi sesuai alokasi yang dibutuhkan,” kata dia.

Ia menjelaskan alokasi pertama ini ada 11 dari 17 kabupaten/kota yang telah mengajukan permohonan vaksinasi dosis kedua ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel.

Masing-masing Kota Palembang ada sebanyak 8.502 dosis vaksin, Lubuk Linggau 2.340 dosis, Ogan Komering Ulu sebanyak 3.000 dosis, Ogan Komering Ulu Timur ada 1.170 dosis.

Kemudian, sebanyak 1.200 dosis untuk Kota Prabumulih, Muara Enim 1.500 dosis, Ogan Komering Ilir sebanyak 3.096 dosis, Lahat 1.200 dosis, Ogan Ilir 2.340 dosis, Musi Banyuasin 1.170 dosis, dan Empat Lawang sebanyak 1.170 dosis.



"Dari 11 daerah itu, baru kota Palembang yang mengambil jatah vaksin-nya Senin pagi tadi,” imbuhnya, seraya meminta 10 kabupaten/kota lain itu untuk segera mengambil jatah vaksin alokasi pertama ini sehingga vaksinasi dapat segera dilakukan.

Dia memastikan warga dapat melaksanakan vaksinasi di setiap fasilitas pelayanan kesehatan mulai dari rumah sakit, hingga puskesmas di daerah masing-masing.

Ia juga menyebutkan untuk enam kabupaten lainnya yakni Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Pagaralam, Penukal Abab Lematang Ilir, Ogan Komering Ulu Selatan dan Banyuasin alokasi vaksin dosis penguat keduanya akan menyusul.

Pengalokasian susulan tersebut dilakukan karena keenam kabupaten/kota itu belum mengajukan kebutuhan jumlah vaksinasi dosis kedua mereka ke Dinas Kesehatan Sumsel.

"Kemungkinan ada kiriman kedua dari Kementerian Kesehatan RI, Ini mengingat keenam daerah itu dari awal belum mengirimkan jumlah yang mereka butuhkan,” imbuhnya.

Secara keseluruhan ada 7,2 juta warga Sumsel yang masuk dalam sasaran vaksinasi COVID-19.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel mencatat dari jumlah keseluruhan itu ada sebanyak 1,4 juta orang atau 26,7 persen yang menjadi sasaran vaksinasi penguat kedua ini karena mereka sudah mendapatkan vaksinasi penguat pertama.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sumsel siapkan 26.682 dosis vaksin COVID-19 penguat kedua