Disdukcapil OKU butuh kendaraan operasional untuk jangkau daerah terpencil

id diskudcapil Oku,data e ktp

Disdukcapil OKU butuh kendaraan operasional untuk jangkau daerah terpencil

Kepala Disdukcapil Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ajahari. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membutuhkan kendaraan operasional untuk menjangkau daerah terpencil di wilayah setempat dalam jemput bola melakukan perekaman data E KTP warga.

Kepala Disdukcapil Ogan Komering Ulu (OKU), Ajahari melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Rasidi Markan di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa kendaraan operasional tersebut sangat dibutuhkan mengingat sekarang ini masih ada beberapa desa di Kabupaten OKU yang lokasinya berada di pegunungan atau daerah terpencil.

Menurut dia, kondisi tersebut membuat penduduk setempat banyak yang malas untuk membuat KTP, Kartu Keluarga dan akte kelahiran anaknya.

"Seperti penduduk di Kecamatan Ulu Ogan, Lengkiti, Muara Jaya, Pengadonan dan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) yang jauh dari Kota Baturaja membuat mereka malas membuat dokumen kependudukan tersebut," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya mewacanakan ingin membeli tiga unit mobil yang akan digunakan oleh petugas khusus untuk mobile atau keliling ke kecamatan yang sulit dijangkau tersebut.

"Selain itu kami juga akan mengusulkan anggaran untuk membeli minimal 20 unit sepeda motor," ungkapnya.

Dia menjelaskan, puluhan unit sepeda motor ini nantinya digunakan untuk petugas Disdukcapil OKU melakukan jemput bola ke desa-desa yang sulit dijangkau menggunakan kendaraan roda empat.

"Wacananya pembelian kendaraan operasional itu akan kami usulkan ke DPRD OKU pada 2021 nanti. Mudah-mudahan saja usulan tersebut disetujui dewan," tegasnya.