PMI OKU jadikan PMR relawan masa depan

id PMR jadi relawan masa depan,Pmi, relawan, palang merah remaja

PMI OKU jadikan PMR relawan masa depan

Sekretaris PMI Ogan Komering Ulu (OKU), Yunizir Djakfar. (Antara/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berupaya menjadikan para anggota Palang Merah Remaja di wilayah setempat menjadi relawan masa depan.

"Untuk mewujudkan hal itu karakter para anggota Palang Merah Remaja (PMR) ini harus lebih ditingkatkan lagi," kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis melalui Sekretarisnya, Yunizir Djakfar di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan, untuk meningkatan karakter kepalangmerahan serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR, pihaknya berencana menggelar kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) PMR ke V tingkat Kabupaten OKU tahun 2020.

Dia menjelaskan, Jumbara adalah salah satu sarana menjadikan anggota PMR sebagai sosok relawan yang berkarakter, terampil, kreatif dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam Jumbara tersebut, kata dia, anggota PMR dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan, dan sikap positif sesuai dengan Tri Bakti PMR. 

"Rencananya, Jumbara V dilaksanakan pada April 2020 di GOR Baturaja yang akan diikuti 2.000 peserta dari anggota PMR Madya SMP, PMR Wira SMA, Guru Pembina, Pendamping dan Pengurus PMI se Kabupaten OKU," jelasnya.

Jumbara PMR ini merupakan sarana untuk mengevaluasi penerapan kurikulum pembinaan dan pelatihan PMR serta pembinaan di Kabupaten OKU.

"Kegiatan Jumbara PMR ini dibagi menjadi tiga bidang yakni Jumpa, Bakti dan Gembira," ungkapnya.

Ia berharap, melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam Jumbara tersebut para anggota PMR OKU dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan dan sikap positif sesuai dengan Tri Bakti PMR.

"Selain akan memacu ketrampilan, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memupuk kemampuan kerja kelompok yang sangat berguna dalam memupuk rasa kepemimpinan bagi para anggota PMR Kabupaten OKU," ujarnya.