Pemkot Pagaralam usulkan hutan lindung jadi taman nasional

id hutan lindung,taman nasional,hutan

Pemkot Pagaralam usulkan hutan lindung  jadi taman nasional

Ilustrasi - Sebagian hutan lindung di Pagaralam mulai rusak parah. ANTARA/ Dokumen

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, mengusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  agar hutan lindung dijadikan taman nasional sebagai upaya untuk pelestarian alam.

Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni di Pagaralam, Selasa mengatakan hutan lindung tersebut dinilai memenuhi kriteria sebagai taman nasional karena ekosistem dan habitatnya belum terganggu.

“Kota Pagaralam hampir 60 persen merupakan kawasan hutan lindung bukit barisan yang dihuni hewan langka seperti harimau sumatera, kucing emas dan kambing hutan,” kata dia.

Ia melanjutkan, sejauh ini dirinya telah berkoordinasi dengan Menteri LHK Siti Nurbaya terkait usulan ini.

Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak sektor pariwisata di Pagaralam mengingat sejumlah daerah di tanah air yang memiliki taman nasional terbukti lebih maksimal dalam pengembangan wisata, kata dia.

"Taman nasional di beberapa daerah sangat menarik wisatawan. Tidak hanya untuk berwisata dan menikmati ekosistem yang ada, juga sebagai edukasi," kata Alpian.

Ia mengatakan sebagai daerah tujuan wisata, Pemkot Pagaralam berupaya menemukan inovasi baru agar wisatawan tidak bosan.

Untuk itulah, pemkot berencana menggaet gelaran event-event nasional dan internasional agar dapat dilaksanakan di Pagaralam.