Rutan Martapura perketat pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru

id Rutan memperketat pengamanan pengunjung Natal dan Tahun Baru,rutan martapura,lp martapura,pengamanan lp

Rutan Martapura perketat  pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi. ANTARA/HO Humas Kemenkumham Tanah Datar.

Martapura (ANTARA) - Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan memperketat pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

"Khususnya pengamanan bagi pengunjung yang membesuk tahanan menjelang dan saat perayaan Natal serta Tahun Baru nanti," kata Kepala Cabang Rutan Martapura, Ogan Komering Ulu Timur, Royhan Al Faisal di Martapura, Sabtu.
Kepala Cabang Rutan Martapura, Ogan Komering Ulu Timur, Royhan Al Faisal. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)


Dia mengemukakan, pihaknya menempatkan beberapa orang petugas di pintu utama untuk memeriksa setiap barang bawaan pengunjung yang berkunjung di rutan setempat.

"Jadi setiap barang sekecil apapun yang dibawa oleh pengunjung khususnya yang membesuk warga binaan tidak luput dari pemeriksaan petugas kami," tegasnya.

Dia menjelaskan, pemeriksaan setiap barang bawaan yang dibawa oleh pengunjung ini guna mencegah barang terlarang masuk ataupun beredar di rutan setempat.

"Barang bawaan yang dilarang ini seperti senjata tajam, narkoba dan telepon genggam," jelasnya.

Selain itu, kata dia, setiap pengunjung juga akan diberikan cap ultra violet untuk masuk ke area rutan.

Menurut dia, pemberian cap di bagian tangan ini dilakukan untuk membedakan antara narapidana atau warga binaan dengan pengunjung selama beraktivitas di dalam area rutan.

Selain itu, pemberian cap ini juga bertujuan untuk mengantisipasi adanya narapidana yang kabur dari rutan setempat.

"Sebenarnya pemberian cap ini setiap hari kami lakukan bagi setiap pengunjung yang datang sebagai bentuk pelayanan maksimal Rutan Martapura," jelasnya.