Gubernur Sumsel harapkan APPSI wujudkan kehendak daerah

id gubernur, munas,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Gubernur Sumsel harapkan APPSI wujudkan  kehendak daerah

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Humas Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengharapkan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dapat mewujudkan kehendak daerah dalam melaksanakan program pembangunan.

Tujuan utama pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Gubernur usai menghadiri Munas APPSI sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Rabu.

Oleh karena itu, kata Herman, APPSI diharapkan dapat mempresentasikan suara gubernur untuk kepentingan daerah dalam membangun.

"Harapan saya Ketua APPSI nantinya dapat mepresentasikan suara gubernur dalam kepentingan daerah serta menyuarakan dan memperkokoh tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat," katanya.

Bukan itu saja,  wewenang APPSI juga harus berpengaruh untuk kemajuan masyarakat di berbagai daerah.

Gubernur kembali berharap agar ketua umum terpilih APPSI dapat mempresentasikan suara dari masing- masing kepala daerah sebagai wakil dari pemerintah pusat.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Sumsel Firmansyah mengatakan, pihaknya sangat berharap pemerintah pusat dapat memberikan kontribusi terhadap aset- aset di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan termasuk dalam kegiatan ekspor kepala sawit dan karet.

Pihaknya juga mengharapkan agar APPSI menjadi wadah menyalurkan berbagai permasalahan di daerah, termasuk salah satunya mendorong agar pemerintah pusat dapat menambah dana bagi hasil ke daerah sehingga menambah PAD di Sumsel untuk produk ekspor karet dan sawit. " ujarnya

Sementara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan bahwa dengan diadakannya Munas APPSI ini dapat menjadi ladang untuk memberikan masukan dan ide serta memberikan peranan kepala daerah untuk mendorong masyarakat.

"Dengan diadakannya Munas APPSI ini dapat memberikan masukan serta ide dari berbagai kepala daerah karena masyarakat perlu peranan gubernur untuk mendorong mereka menggerakan pembangunan," tegasnya.