PDAM Ogan Komering Ulu tingkatkan kualitas air bersih pelanggan

id PDAM Ogan Komering Ulu tingkatkan kualitas air bersih pelanggan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, p

PDAM Ogan Komering Ulu tingkatkan  kualitas air bersih pelanggan

Direktur PDAM OKU, Abi Kusno. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, akan meningkatkan kualitas air bersih ke saluran pipa pelanggan di wilayah setempat agar air yang diterima masyarakat semakin jernih.

Direktur PDAM OKU Abi Kusno didampingi Kasi Produksi, Eko Suprianto di Baturaja, Jumat menuturkan, dalam upaya meningkatkan kualitas air bersih pelanggan ini pihaknya melakukan pengurasan pada bak pengolahan tempat penampungan air agar bersih dari lumpur.

"Karena selama musim kemarau ini lumpur yang mengendap sudah cukup banyak," katanya.

Lumpur yang mengendap di lantai dasar bak penampungan di pengolahan air PDAM kawasan Pasar Atas ini sudah sangat tebal yaitu mencapai ketebalan hingga 3,5 meter.

"Lumpur yang mengendap ini berasal dari sungai yang ikut tersedot sejak air Sungai Ogan mulai dangkal selama musim kemarau," jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya melakukan pengurasan pada bak penampungan air tersebut guna membersihkan lumpur yang mengendap agar airnya jernih kembali.

"Apalagi diprediksi sebentar lagi akan memasuki musim penghujan sehingga perlu dilakukan pengurasan agar tidak mengganggu distribusi air bersih ke saluran pipa pelanggan," tegasnya.

Selain menguras bak penampungan air milik PDAM di kawasan Pasar Atas, kata dia, pihaknya juga akan melakukan pengurasan di Unit Pengolahan (UP) Batukuning agar bersih dari lumpur.

"Setelah Batukuning baru dilanjutkan menguras UP Bakung karena sudah banyak lumpur yang mengendap sehingga harus dibersihkan," ujarnya.