Marc Marquez dalam angka

id marc marquez,motogp,gp thailand,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Marc Marquez  dalam angka

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi usai menjuarai Grand Prix Thailand, Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Minggu (6/10/2019) sekaligus mengunci gelar juara dunia MotoGP musim ini. Reuters/Soe Zeya Tun

Jakarta (ANTARA) - Marc Marquez menjuarai GP Thailand di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Minggu, sekaligus mengunci gelar juara dunia MotoGP keenamnya.

Dengan itu, Marquez menjadi pebalap termuda yang meraih enam gelar juara dunia MotoGP di usia 26 tahun dan 231 hari, mengalahkan Giacomo Agostini yang meraih capaian yang sama dalam usia 29 tahun dan 25 hari ketika ia meraih gelar keenamnya di kelas premier di GP Jerman Timur tahun 1971.

Marquez juga menjadi pebalap termuda sepanjang masa yang mengantongi delapan gelar juara dunia, mengambil mahkota Mike Hailwood, yang meraih rekor tersebut pada usia 27 tahun dan 112 hari ketika meraih gelar kedelapannya di seri 350cc, Brno, 1967, demikian laman resmi MotoGP.
 

Marquez bersama Valentino Rossi dan Giacomo Agostini adalah tiga pebalap yang telah meraih enam atau lebih gelar juara dunia kelas premier.

Marquez adalah satu dari enam pebalap yang meraih delapan atau lebih gelar juara dunia di semua kelas, pebalap lainnya adalah Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13) dan Giacomo Agostini (15).

Marquez telah memenangi gelar MotoGPnya mengendarai motor Honda dan menyingkirkan Mick Doohan (5) sebagai pebalap yang memenangi gelar juara dunia terbanyak dengan pabrikan Jepang.

Baca juga: Hasil GP Thailand, Marquez ulangi duel sengit dengan Quartararo

Hanya ada satu pebalap Spanyol yang meraih gelar juara dunia melebihi Marquez, yaitu Angel Nieto yang mengemas 13 gelar juara dunia (tujuh di kelas 125cc dan enam di kelas 50cc) di antara tahun 1969 dan 1984.

Kemenangan Marquez di Grand Prix Ceko merupakan gelar juara GP ke-76 selama karirnya, menyamai juara dunia sembilan kali Mike Hailwood.

Di usia 26 tahun dan 168 hari, Marquez menjadi pebalap termuda kedua yang meraih kemenangan ke-76 setelah Valentino Rossi (26 tahun dan 165 hari).

Di GP Aragon, Marquez menjadi pebalap termuda yang menjalani Grand Prix ke-200 di usia 26 tahun dan 217 hari.


Kemenangan Marquez di GP Ceko menjadi kemenangan ke-50 baginya sejak naik kasta ke kelas premier pada 2013, membuatnya menjadi pebalap keempat dengan kemenangan terbanyak setelah Valentino Rossi (89), Giacomo Agostini (68) dan Mick Doohan (54) saat itu.

Di usia 26 tahun dan 168 hari, Marquez menjadi pebalap termuda kedua yang mampu meraih kemenangan ke-50 di kelas premier setelah Valentino Rossi yang mencapainya di usia 26 tahun dan 165 hari.

Sembilan pole position yang ia raih musim ini memperokokoh posisi Marquez sebagai pebalap dengan pole position terbanyak sepanjang masa yaitu 89 di tiga kelas yang berbeda.

Musim ini, Marquez meraih paling banyak kemenangan (9) dibandingkan rival-rivalnya. Dia juga paling banyak naik podium (14) dan meraih pole position (9).


 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar