Harga bawang merah di Baturaja anjlok

id Harga bawang anjlok, bawang merah, pasar tradisional, bawang, harga bawang jatuh

Bawang merah (Foto dokumen Antara)

Baturaja (ANTARA) - Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, anjlok menjadi Rp12.000/Kilogram dari sebelumnya yang mencapai Rp22.000/Kg.

"Sekarang harga bawang merah murah hanya dipatok pedagang Rp12.000/Kg," kata salah seorang pedagang bawang di Pasar Baru, Ogan Komering Ulu, Yanto di Baturaja, Minggu.

Menurut dia, penurunan harga yang terjadi sejak beberapa hari terakhir tersebut dipicu petani pemasok dari  Pulau Jawa sedang panen raya bawang sehingga harganya turun drastis.

"Menurut informasi petani bawang di Pulau Jawa sedang panen sehingga harga jualnya di tingkat agen sekarang ini murah," katanya.

Penurunan harga tersebut, kata dia, berdampak pada omzet yang didapat dari hasil menjual bawang meningkat drastis karena banyak masyarakat membeli dalam jumlah banyak sejak harganya murah.

"Sebelumnya bawang yang terjual paling sebanyak 20-25 kg/hari. Namun sejak harga anjlok menjadi  Rp12.000/kg, penjualan mencapai 50 kg/hari," kata Sutina pedagang lainnya.

Selain itu, lanjut dia, stok bawang di pasaran di wilayah setempat saat ini juga mencukupi untuk memenuhi permintaan pasar yang saat ini cukup tinggi seiring dengan penurunan harga tersebut.

"Bahkan, persediaan bawang merah sangat banyak sehingga kami tidak sulit untuk mendapatkan barang untuk dijual," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar