Serangan hama wereng, puluhan hektare tanaman padi di OKU Timur terancam gagal panen

id gagal panen padi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera

Petani melihat padi gagal panen akibat kekeringan di Desa Ketapang, Lebak, Banten, Kamis (27/6/2019). (ANTARA/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS)

Martapura (ANTARA) - Puluhan hektare tanaman padi milik petani di Desa Suka Mulya, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, terancam gagal panen akibat diserang hama wereng.

"Luas lahan tanaman padi yang diserang hama wereng ini mencapai puluhan hektare hingga petani tahun ini terancam gagal panen," kata Ketua Kelompok Tani Desa Suka Mulya, Kecamatan Semendawai Suku III, Ogan Komering Ulu Timur, Suhaidi di Martapura, Senin.

Hama wereng yang menyerang padi sawah di desa setempat sejak beberapa pekan terakhir tersebut merusak tanaman hingga petani terancam gagal panen.

"Serangan hama membuat tanaman padi yang semula hijau berubah menjadi kuning dan membuat buah padi menjadi kosong atau hampa," katanya.

Menurut dia, dampak dari serangan hama tersebut membuat petani di wilayah setempat terancam merugi karena tidak dapat menikmati hasil masa panen yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

"Petani sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli racun guna memusnahkan hama wereng. Namun, serangan hama masih terjadi baik siang maupun malam hari hingga sebagian besar tanaman padi mati," kata dia.

Dia berharap ada penanganan khusus dari dinas terkait untuk mengatasi masalah serangan hama wereng tersebut agar petani tidak merugi dan dapat menikmati hasil panen nanti.

"Sebelumnya pernah ada petugas dari Dinas Pertanian OKU Timur yang melakukan pemusnahan hama tapi hasilnya tetap tidak maksimal," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Sujarwanto secara terpisah sebelumnya mengatakan terkait hal tersebut pihaknya segera menerjunkan petugas ke lapangan untuk melakukan antisipasi sekaligus pencegahan agar serangan hama wereng tidak meluas menyerang tanaman padi milik petani di wilayah setempat.

"Secepatnya akan dilakukan pengendalian hama agar petani tidak merugi," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar