Jumlah kapal penyeberangan Sumsel-Bangka ditambah

id Pelabuhan Tanjung Api Api,kapal penyeberangan,arus mudik palembang-bangka,kapal penyeberangan ditambah

Jumlah kapal penyeberangan Sumsel-Bangka ditambah

Dokumentasi - Pemudik di Pelabuhan Tanjung Api Api berjalan menuju ruang tunggu di Pelabuhan Tanjung Api Api (TAA), Banyuasin, Sumatera Selatan, Sabtu (17/6). (ANTARA/Nova Wahyudi/18)

Palembang (ANTARA) - Jumlah armada kapal feri ditambah untuk melayani penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung Api Api, Banyuasin, Sumatera Selatan, menuju Tanjung Kalian Muntok, Bangka, menghadapi arus mudik Lebaran 2019.

"Armada kapal ditambah tiga unit pada arus mudik Lebaran dari kondisi normal lima unit," kata petugas Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api Api (TAA) Zulkarnain di Palembang, Jumat.

Pada arus mudik Idulfitri 1440 Hijriah sejak 29 Mei dan hingga sekarang, kata dia, terjadi lonjakan jumlah penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Bangka.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan di pelabuhan ini yang diperkirakan hingga 4 Juni 2019 (H-1), pihaknya melakukan penambahan armada kapal feri untuk antasipasi jika terjadi lonjakan jumlah kendaraan dan penumpang yang akan menyeberang dari TAA ke Bangka, katanya.

Menurut dia, seperti biasanya pada saat libur panjang dan libur hari besar keagamaan umat Islam itu, terjadi peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan, baik roda dua maupun empat, yang akan menyeberang ke Pulau Bangka untuk mudik Lebaran atau hanya menikmati liburan.

Kondisi ini menjadi perhatian pihaknya dengan melakukan penambahan armada kapal sehingga dapat dicegah terjadinya penumpukan orang dan kendaraan.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa angkutan laut itu, pihaknya berupaya menambah fasilitas pendukung selama musim mudik Lebaran selain menambah armada.

Mengenai jadwal pelayanan penyeberangan di Pelabuhan TAA, pihaknya akan memaksimalkan jadwal yang telah berlaku selama ini, yakni mulai pukul 09.00 WIB, 10.00, 13.00, 15.00, 17.00, dan 19.00 WIB.