Bupati OKU targetkan turunkan angka kemiskinan

id Kuryana Azis,Bupati Ogan Komering Ulu,angka kemiskinan di oku,rayat miskin di oku,jumlah rakyat miskin di oku,berita sumsel, berita palembang, antara

Bupati OKU targetkan turunkan angka kemiskinan

Kuryana Azis. (Instagram/KuryanaAzis)

Baturaja (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis menargetkan menurunkan angka kemiskinan di wilayah setempat dari saat ini yang masih pada persentase 12,61 persen turun menjadi satu digit atau di bawah 10 persen.

"Angka kemiskinan di Ogan Komering Ulu (OKU) ditargetkan turun menjadi satu digit dari persentase saat ini yaitu 12,61 persen," kata Bupati OKU, Kuryana Azis saat rapat koordinasi Musrenbang tingkat kabupaten setempat bersama sejumlah instansi terkait di Baturaja, Rabu.

Menurutnya, untuk mencapai target tersebut  harus dilakukan program dan kegiatan yang lebih nyata dampaknya bagi masyarakat setempat.

"Termasuk lebih memberikan manfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat OKU," kata dia.

Dia menjelaskan, saat ini pemerintah daerah setempat sedang melaksanakan program transformasi pembangunan yang mengarah pada sektor industri dan perdagangan.

Menurut Kuryana, program tersebut berdampak pada serapan tenaga kerja di OKU akan terbuka 4,5 persen sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran.

"Namun skill tenaga kerja yang tersertifikasi menjadi prioritas utama agar melahirkan angkatan kerja yang profesional," jelasnya.

Sementara Kasubdit Analisis Sosial dan Ekonomi Regional Kementerian PPM/Bappenas, Zulfikar menambahkan untuk Kabupaten OKU memang belum ada yang masuk dalam bagian prioritas dari program nasional pemerintah pusat.

"Di OKU induk ini belum ada lain halnya seperti Kabupaten OKU Selatan yang sudah ada program nasional yaitu Bendungan Tiga Dihaji," ujarnya.

Untuk itu lanjut dia, diharapkan Kabupaten OKU  bisa membuat program daerah yang singkron dengan program pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.