BMKG: 12 kabupaten potensi hujan-petir

id cuaca sumsel,cuaca palembang,rawan longsor,Empat Lawang, Lahat,hujan petir di sumsel

Arsip- Prakiraan probabilistik curah hujan di wilayah Sumatera Selatan. (Dok.BMKG Sumatera Selatan)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 12 kabupaten di Sumatera Selatan diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika berpotensi mengalami hujan disertai petir dengan durasi singkat pada Selasa malam.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Bambang Benny Setiaji di Palembang, Selasa, mengatakan 12 kabupaten itu, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Ilir, Muaraenim, Prabumulih, Penukal Abab Lematang Ilir, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Lubuklinggau, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Palembang.

Potensi hujan ringan hanya terjadi di wilayah Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Pagaralam.

Ia mengatakan kondisi di belasan kabupaten itu lantaran dipicu terbentuknya kumpulan awan di sejumlah wilayah. Sejak pagi, hampir seluruh wilayah Sumsel terpantau cerah berawan. Namun pada siang hari, diperkirakan mulai berawan sehingga malam hari sejumlah wilayah diperkirakan mengalami hujan lebat disertai petir.

Pada dini hari akan mulai cerah berawan, dengan potensi hujan ringan di wilayah Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Muaraenim, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Palembang.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ilir, yakni 22-33 derajat Celcius, kelembaban udara 60-98 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam, dan Ogan Komering Ulu Selatan, yakni 18-30 derajat Celcius, kelembaban udara 65-100 persen.

Angin dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 0,5–25 km/jam, tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5 – 1,0 m, Selat Bangka bagian utara dan selatan 0,3- 0,8 m, sedangkan cuaca berawan, sedangkan angin dari barat ke utara dengan kecepatan 4-15 knots.

"Atas perkiraan cuaca ini, kami mengingatkan warga untuk waspada terutama kabupaten yang rawan longsor, seperti Empat Lawang, Lahat, dan Pagaralam," kata dia.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar