Alokasi Dana Alokasi Khusus pendidikan prioritas untuk infrastruktur

id Ahmad Zulinto,Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang,Dana Alokasi Khusus,Standar Minimum Pendidikan Tingkat Dasar,SMPTD,berita sumsel, berita palemban

Alokasi Dana Alokasi Khusus pendidikan prioritas untuk infrastruktur

Arsip- Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda meninjau bangunan SD Negeri. (ANTARA News Sumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Alokasi Dana Alokasi Khusus bidang pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Kota Palembang, Sumatera Selatan, sebanyak Rp719 miliar diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto di Palembang Senin, mengatakan prioritas ke infrastruktur ini karena masih banyak sarana dan prasarana pendidikan di Kota Palembang yang belum layak.

"Meja dan kursi sekolah banyak rusak berat, bahkan ada sekolah yang belum memiliki kursi yang layak," ujar Ahmad Zulinto.

Kota Palembang pada tahun ini menerima alokasi DAK Kemendikbud Rp719 miliar, yang dapat mendukung anggaran pendidikan lainnya bersumber dari APBD dan bantuan lain.

APBD Kota Palembang tahun 2019 sudah memporsikan sebesar 22,7 persen untuk pendidikan, sesuai dengan Perda Pendidikan mengenai Standar Minimum Pendidikan Tingkat Dasar (SMPTD).

Dana bantuan DAK tersebut diserahkan langsung Menteri Pendidikan Muhajir Effendy ke Wakil Wali Kota Palembang Fitria Agustinda pada Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palembang, Senin.

"Dana itu sudah termasuk di dalamnya untuk Program Pendidikan Indonesia Pintar, tapi belum termasuk bantuan dari pusat karena nanti akan ada bantuan-bantuan lainnya yang menyusul," kata Muhajir Efendi.

Menurutnya bidang pendidikan di Kota Palembang sudah cukup baik. Meski demikian, adanya DAK tersebut dapat memastikan seluruh anak dapat mengakses pendidikan terutama anak dari keluarga tidak mampu.

Selain itu DAK juga diharapkan dapat membantu pengembangan kesenian di sekolah-sekolah.

Bagi yang menginginkannya bisa segera mengusulkan ke dinas pendidikan setempat, kata dia.